Pantau Flash
Positif COVID-19 di DKI Jakarta Bertambah Terus hingga 7.153 Kasus
Kasus Positif COVID-19 RI 25.773, Nihil Kasus Baru di 10 Provinsi
Desak Presiden Jokowi Mundur, Ruslan Buton Dibawa ke Jakarta
AS Akhiri Hubungan dengan WHO, Trump: Mereka Dikendalikan China
Ada 4.599 Kendaraan Menuju Jakarta Diputarbalik

Liga 1 Putri 2019 Kick-off 6 Oktober

Liga 1 Putri 2019 Kick-off 6 Oktober PSSI menggelar pertemuan manajer dan drawing untuk kompetisi Liga 1 2019 yang kick-off Oktober mendatang. (Foto: Dok. PSSI)

Pantau.com - Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) baru saja menggelar pertemuan manajer dan undian untuk kompetisi Liga 1 putri 2019 di sebuah hotel di bilangan Jakarta Pusat, Minggu 8 September 2019. Kompetisi sepak bola wanita ini rencananya akan kick-off pada 6 Oktober mendatang. 

Liga 1 putri 2019 akan diikuti oleh 10 klub Tanah Air yang dibagi ke dalam dua grup. Grup A dihuni oleh Persija jakarta, Persib Bandung, PSIS Semarang, Tira Persikabo, serta PSS Sleman. Sedangkan Grup B diisi PSM Makassar, Persipura Jayapura, Arema FC, Bali United, dan Persebaya Surabaya. 

Baca Juga: Bruno Matos Dipinang Bhayangkara FC

Nantinya Liga 1 2019 akan berlangsung dalam tiga babak yakni pendahuluan, semifinal, final. Untuk babak pendahuluan akan terbagi dalam empat seri yang berlangsung dalam enam hari di mana tuan rumah akan bergantian. Sementara pada partai semifinal dan final, PSSI memberlakukan sistem kandang-tandang. 

"PSSI dengan bangga mempersembahkan Liga 1 Putri 2019. Gelaran ini berkat kerjasama PSSI dan anggotanya. Terima kasih kepada 10 klub yang telah berpartisipasi dan berkomitmen untuk mengikuti kompetisi ini," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria. 

Pada gelaran kompetisi Liga 1 putri 2019, PSSI juga membuat terobosan dengan menempatkan Persija dan Persib dalam satu grup. Selain alasan Geografis, kata Tisha, federasi juga ingin mengurangi ketegangan rivalitas antar kedua klub di kompetisi Liga 1 putra. 

"Karena letak geografisnya yang dekat, jadi kami satukan Persija dan Persib. Dengan Liga 1 Putri ini kami ingin mengajak pendukung kedua klub untuk menunjukkan, bahwa di sepakbola putri aura-aura yang negatif sama-sama bisa kita redam. Apalagi ini pertama kalinya digelar, sehingga ayo kita jaga nama baik bersama-sama. Kita ke depankan aspek olahraganya dulu," ujarnya. 

Baca Juga: Bruno Matos: Terima Kasih Persija dan The Jakmania

Selain itu, Tisha menjelaskan, PSSI juga memberlakukan peraturan terkait lisensi pelatih di Liga 1 putri 2019. Dimana, dia mengungkapkan, setiap pelatih harus memiliki minimal lisensi C AFC atau sejenisnya. 

"Untuk tahun 2019 Liga 1 Putri akan berlangsung dalam waktu tiga bulan, sedangkan pada 2020 jangka waktunya enam bulan. Jadi kami sudah membuat perencanaan untuk dua tahun," pungkasnya.

Pembagian grup Liga 1 Putri 2019:

Grup A: Persija Jakarta, PS TIRA Persikabo, PSS Sleman, PSIS Semarang, Persib Bandung

Grup B: PSM Makassar, Persipura Jayapura, Arema FC, Bali United, Persebaya Surabaya

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Reza Saputra

Berita Terkait: