Main ‘Aman’, Iqbal Candra Tatap Partai Final Pencak Silat

Iqbal Candra Pratama. (Foto: Pantau.com/Reza Saputra)

Pantau.com Pesilat Indonesia Iqbal Candra Pratama berhasil memastikan diri lolos ke partai final kelas D cabang olahraga (cabor) pencak silat pada gelaran test event Road to Asian Games 2018. Ia sukses mengalahkan wakil Laos, Mino Vongpakdy dengan skor 5-0 pada babak semifinal yang berlangsung di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Selasa (13/2/2018).

Namun, permainam Iqbal hari ini tidak seperti pada babak sebelumnya. Kali ini tidak banyak terlihat bantingan-bantingan yang sebelumnya ditunjukkan saat melawan wakil Thailand, Maromlee Kulee di pertandingan pertama.

Hal tersebut pun diakui oleh Iqbal. Pesilat asal Kalimantam Timur itu mengaku bermain “aman” pada pertandingan melawan Vongpakdy. “Saya mengikuti strategi pelatih. Kalau kemarin terlalu menggebrak makannya poinnya tinggi. Kalau yang sekarang belajar hemat, belajar bagaimana caranya bermain aman,” ujarnya setelah pertandingan.

Meski terlihat bermain aman, Iqbal tetap memainkan pertarungan menyerang melawan Vongpakdy. Tercatat, ada dua kali bantingan yang dilakukan wakil tuan rumah tersebut di ronde kedua.

Dengan kemenangan ini, maka Iqbal berhak melaju ke babak final dan akan berhadapan dengan Razak Ghazali. Wakil Malaysia itu berhasil melenggang ke partai pamungkas setelah mengalahkan Zainorarif Zaini (Brunei Darussalam) dengan skor 4-1.

Iqbal mengatakan, akan mempersiapkan mental sebaik mungkin untuk menatap partai final. Ia optimis dapat mempersembahkan emas untuk Merah Putih.

“Yang paling disiapkan mental pastinya. Insya Allah bisa (meraih emas), harus bisa. Bagaimana pun caranya harus bisa meraih kemenangan,” jelas Iqbal.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta