Pantau Flash
Ditetapkan Sebagai Tersangka, Siscae Akui Lakukan Adegan Asusila di Sejumlah Wilayah di Yogyakarta
Ribuan Kader NU Berdoa untuk Sukseskan MotoGP Sirkuit Mandalika 2022
Presiden Jokowi Perintahkan Pengerahan Bantuan Kesehatan dan Logistik untuk Korban Erupsi Semeru
BPBD Lumajang Sebut Ribuan Orang Mengungsi dan Ratusan Orang Luka-Luka Akibat Erupsi Semeru
BMKG Keluarkan Peringatan Potensi Terjadi Banjir Rob di Pesisir Sulawesi Selatan Pada 5-7 Desember 2021

Mengenal Trek Sirkuit MotoGP San Marino yang Sudah 3 Kali Ganti Nama

Mengenal Trek Sirkuit MotoGP San Marino yang Sudah 3 Kali Ganti Nama Sirkuit San Misano. (Foto: Snapshot)

Pantau.com - MotoGP musim 2019 memasuki seri ke-13 yang akan berlangsung di Sirkuit Misano, Italia, pada Minggu 15 September 2019. Menariknya, trek ini sudah tiga berganti nama.

Sebelumnya lintasan sepanjang 4,7 kilometer itu dikenal dengan nama Circuito Internazionale Santa Monica. Nama itu digunakan pada periode 1972 hingga 2006. Kemudian, mengalami pergantian nama lagi menjadi Misano World Sirkuit.

Pada akhirnya berubah menjadi Misano World Circuit Marco Simoncelli pada 2012. Keputusan Italia menggunakan nama Sirkuit Misano adalah untuk mengenang salah satu rider asal Italia, yakni Marco Simoncelli yang tewas di Sirkuit Sepang, Malaysia pada musim 2011.

Simoncelli menghabiskan masa kanak-kanaknya di wilayah Coriano, yang masih satu provinsi dengan Misano. Hal tersebut pun membuat otoritas setempat memutuskan untuk mengubah nama sirkuit tersebut menjadi World Circuit Marco Simoncelli.

Baca juga: Akankah Sirkuit Mandalika Jadi Trek Istimewa dalam Sejarah MotoGP?

Misano memiliki enam tikungan kiri serta 10 tikungan ke kanan dengan lebar lintasan yang mencapai 14 meter. Para rider pun bisa memanfaatkannya untuk dapat menyalip dari sisi luar.

Sirkuit Misano bisa dikatakan sangat ramah untuk para Tim Monster Energy Yamaha, terutama Valentino Rossi. The Doctor -julukan Rossi- tercatat sebagai pembalap dengan kemenangan terbanyak, yakni sebanyak tujuh kali.

Kemudian, rider Repsol Honda, Jorge Lorenzo juga menjadi pembalap yang berhasil menorehkan fastest lap dengan waktu 1 menit 31,629 detik musim lalu. Hebatnya itu dilakukan ketika dirinya menunggangi Ducati.

Akankah Sirkuit San Marino ini bakal memberikan kejutan, mengingat Lorenzo dan Rossi kudu bisa tampil istimewa karena menjalani musim yang begitu sulit saat ini.

Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta

Berita Terkait: