Pantau Flash
Menteri Edhy Bertolak ke Australia Bahas Budidaya Lobster
Arab Saudi Berhentikan Sementara Pelayanan Umrah Gara-gara Korona
'Wanita Bisa Hamil di Kolam Renang' Jadi Sorotan Media Internasional
Bayern Munchen Rilis Jersey Khusus Peringati Hari Jadi ke-120
Stadion Klabat Jadi Kandang Persipura di Liga 1 Musim 2020

Menilik 5 Olahraga Tertua di Dunia yang Masih Dimainkan Sampai Saat Ini!

Menilik 5 Olahraga Tertua di Dunia yang Masih Dimainkan Sampai Saat Ini! Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang menjadi bagian penting dari sejarah manusia. Telah ada sejak berabad-abad lamanya, olahraga ini masih dimainkan sampai saat ini.

Berikut lima olahraga tertua yang masih dimainkan hingga kini yang dirangkum dari berbagai sumber:

Baca juga: Ini Dia 5 Pesepakbola dengan Wajah Sedikit Aneh

1. Atletik

Sejarah olahraga Atletik. (Foto: Wikimedia)

Sebuah bukti lukisan dalam gua paleolitik di Lascaux, yang dilukis sekitar 18.000 tahun lalu dan lukisan di pegunungan Drakensberg di Afrika Selatan, menunjukkan manusia telah berkompetisi lari. 

Kompetisi pertama lari terjadi di Permainan Tailteann dalam festival Lugnasad di Irlandia pada 1829 SM. Lomba lari itu merupakan pertandingan pertama dalam olimpiade pertama yang berlangsung di Athena, Yunani, pada 776 SM.

Atletik telah menjadi bagian dari olimpiade modern sejak mereka dimulai pada 1896. Saat ini, Atletik dibagi menjadi berbagai disiplin seperti lari halang rintang, lari estafet, dan maraton.

2. Gulat

Sejarah Gulat. (Foto: Wikimedia)

Gulat telah menjadi bagian dari budaya olahraga suatu bangsa dalam sejarah, hal tersebut dibuktikan dengan karya seni yang ditemukan berusia ribuan tahun lalu. 

Bahkan, gulat disebutkan dalam kisah tertulis Epic of Gilgamesh, tentang Raja Uruk di Mesopotamia, yang diukir pada sebuah batu dan berusia sekitar 2150 SM. 

Gulat adalah olahraga yang membutuhkan kekuatan dan ketahanan tubuh. Saat ini, olahraga tersebut berkembang menjadi gulat WWE.

3. Tinju

Sejarah tinju. (Foto: Wikimedia)

Bukti olahraga ini dalam sejarah berasal dari peradaban Sumeria di Mesopotamia, dalam bentuk relief yang berasal dari milenium ke 3 SM. Tinju pertama kali muncul sebagai olahraga Olimpiade di pertandingan 688 SM. Saat itu, atlet melindungi tangan mereka dengan tali kulit.

Saat ini, petinju profesional bertarung untuk mendapatkan hadiah yang bisa bernilai jutaan dolar. Petinju tertentu, seperti Mohamed Ali, telah menjadi simbol dari olahraga Tinju dan eranya.

Baca juga: 5 Klub Tersukses di Inggris, Ada yang Berstatus Tim Promosi!

4. Basket 

Sejarah basket. (Foto: Wikimedia)

Percaya atau tidak, pemain NBA hari ini memiliki leluhur Mesoamerika, Bangsa Aztec, Olmec, dan Maya memainkan permainan bola yang muncul sekitar milenium ke-2 SM ini. Mereka berlatih olahraga ini selama lebih dari 3.000 tahun. Pemain tidak diizinkan menyentuh bola dengan tangan atau kaki mereka, karena itu harus menggunakan pinggul.

Salah satu tujuan permainan, sama seperti di bola basket, adalah untuk mendapatkan bola karet melalui lingkaran kecil. Permainan ini terkadang digunakan untuk memilih pengorbanan manusia kepada para dewa dalam bentuk tim yang kalah, yang melibatkan tahanan yang dipaksa mengambil bagian. Versi modern dari permainan ini masih dipraktikkan oleh keturunan peradaban kuno ini.

Saat ini, Piala Dunia Basket menyatukan para atlet dari 165 negara. Olahraga ini telah dimasukkan dalam Olimpiade modern sejak 1936.

5. Sepak Bola

Sejarah sepak bola. (Foto: Wikimedia)

Sepak bola atau Tsu Chu adalah olahraga Cina yang berasal dari sekitar 2500 SM, di mana bola kulit diisi dengan rambut dan bulu yang harus ditendang melalui jaring kecil. Tsu Chu dijadiin bagian dari pelatihan militer jaman Dinasti Han (206 sebelum Masehi – 220 Masehi) dan populer di kalangan bangsawan.

Aktivitas fisik ini membentuk bagian dari pelatihan militer pada waktu itu, dan FIFA mengakuinya sebagai nenek moyang sepak bola. Hari ini, FIFA adalah salah satu federasi olahraga paling kuat di planet ini, dan Piala Dunia adalah acara besar yang diikuti oleh penggemar dan penonton di penjuru dunia.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Olahraga

Berita Terkait: