Pantau Flash
Ketua DPRD Sebut Surat Anies Baswedan Soal Formula E Ilegal
Freeport Keluarkan Kocek 600 Juta Dolar AS untuk Bangun Smelter
Victoria Keluarkan Peringatan Berhati-hati Terhadap WNI Terkait Korona
Rupiah Melemah Akibat Dibayangi Dampak Virus Korona
Eks Pimpinan KPK Minta Jokowi Dihadirkan saat Uji Materil Revisi UU KPK

PSG Geser Manchester City Sebagai Klub dengan Finansial Terkuat di Dunia

Headline
PSG Geser Manchester City Sebagai Klub dengan Finansial Terkuat di Dunia Skuat PSG memberikan penghormatan kepada mendingan Kobe Bryant sebelum bertanding.(Gwendoline Le Goff / Panoramic/Gwendoline Le Goff)

Pantau.com - Juara Prancis Paris Saint-Germain (PSG) menggeser posisi Manchester City sebagai klub terkuat secara finansial dalam dunia sepak bola, menurut sebuah laporan tahunan Soccerex Football Finance 100 yang dilansir Reuters pada Jumat (14/2/2020).

PSG memuncaki edisi 2020 dengan skor indeks keuangan sepak bola 5.318 yang berdasarkan nilai skuat saat ini, aset klub, keuangan mereka, potensi investasi dari pemilik klub dan utang bersih.

Baca juga: Resolusi 2020 Mbappe: Juara Liga Champions, Euro, dan Olimpiade

Laporan tersebut mengatakan PSG telah mengurangi utang mereka hingga 70 juta euro (sekitar Rp1,04 triliun) pada tahun lalu, sebaliknya utang City telah meningkat lebih dari 90 juta euro (sekitar Rp1,33 triliun).

Bayern Munchen berada di urutan ketiga. Tottenham Hotspur serta Real Madrid di posisi empat dan lima.

Manchester United turun delapan posisi dari tahun lalu ke urutan ke-16 dalam laporan itu, yang disebabkan karena turunnya nilai skuat dan meningkatnya utang.

Klub elite Eropa menyumbang 80 persen dari posisi 30 besar peringkat itu, tetapi hampir setengah dari klub tersebut dimiliki oleh entitas non-Eropa, termasuk organisasi serta individu dari Timur Tengah, Amerika Utara, dan Asia Tenggara.

Baca juga: Mbappe Puji Penampilan Liverpool: Bak Sebuah Mesin

"Laporan tahun ini memperlihatkan gambaran positif dari kesehatan finansial kolektif sepak bola, tetapi juga menyoroti ketidakseimbangan yang tumbuh antara kekuatan elite modern Eropa, dengan beberapa klub historis terancam tertinggal," kata Philip Gegan, direktur pelaksana Soccerex.

"Terlepas dari dominasi Eropa, sepak bola adalah permainan global dengan investasi dari pasar-pasar yang berkembang telah mendukung pertumbuhan olahraga ini."

Liga Premier Inggris menyumbang jumlah paling banyak dalam peringkat itu dengan 19 klub, sedangkan yang terbanyak kedua datang dari Major League Soccer (MLS) Amerika Serikat dengan 17 klub.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia
Category
Olahraga

Berita Terkait: