Pantau Flash
Lin Dan Putuskan Pensiun
DPR Setujui Anggaran Kemenparekraf 2020 Dipangkas Rp2 Triliun
Bertambah 1.447, Kasus Positif Korona di RI Tembus Angka 62.142 Jiwa
Pertama Kalinya dalam 62 Tahun, Sony Akan Berganti Nama
Kreativitas Jadi Kunci e-Commerce saat Lebaran Selama Pandemi COVID-19

PSSI Pecat Simon McMenemy, Ini 2 Nama Calon Penggantinya Kata Iwan Bule

Headline
PSSI Pecat Simon McMenemy, Ini 2 Nama Calon Penggantinya Kata Iwan Bule Simon McMenemy. (Foto: Pantau.com)

Pantau.com - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) resmi memecat pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy. Keputusan itu keluar dari rapat Exco yang digelar Selasa malam (5/11/2019).

Serentetan hasil buruk yang dituai timnas bersama Simon menjadi dasar pemecatan itu. Timnas Indonesia telah menelan empat kekalahan beruntun dari Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Dua nama pelatih pengganti Simon pun menyeruak ke permukaan. Nama Shin Tae-Yong dan Luis Milla santer diisukan akan menukangi skuat Garuda. 

"Dua pelatih itu sudah dikontak oleh sekjen, tetapi mereka masih terikat kontrak dengan pekerjaan lain sampai November 2019. Nantinya mereka akan kami undang ke Indonesia untuk memaparkan programnya di timnas Indonesia di depan komite eksekutif PSSI termasuk saya," ujar Ketua Umum PSSI Komjen Pol. Mochamad Iriawan di Kantor PSSI, Jakarta.

Baca juga: Ratu Tisha Buka Suara Soal Nasib Simon McMenemy Sebagai Pelatih Timnas

Menurut Iriawan, akrab disapa Iwan Bule, PSSI tidak ingin asal-asalan dalam menentukan pelatih timnas Indonesia.

Sebab, sosok tersebut direncanakan bekerja sampai tahun 2021, yang artinya turut pula membantu persiapan timnas U-20 menuju Piala Dunia U-20 2021 yang berlangsung di Indonesia.

"Dia akan terus melatih sampai tahun 2021. Kalau kami salah pilih kasihan timnasnya," ujar Iwan.

Sementara Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria mengutarakan bahwa nama Luis Milla dan Shin Tae-Yong muncul karena PSSI butuh pelatih yang pernah melatih di turnamen sekelas Piala Dunia.

Baca juga: PSSI Sudah Lakukan Evaluasi Terhadap Simon McMenemy, Hasilnya....

Syarat ini sejatinya lebih melekat ke Shin Tae-Yong yang pernah menangani timnas negaranya Korea Selatan di Piala Dunia 2018, dan timnas U-20 Korea Selatan di Piala Dunia U-20 2017.

Sementara Luis Milla belum pernah melatih timnas di Piala Dunia, termasuk tingkat junior. Akan tetapi, pria asal Spanyol yang menangani timnas U-23 dan senior Indonesia pada tahun 2017-2018 tersebut pernah membawa Tim Matador juara Piala Eropa U-21 tahun 2011.

"Pelatih itu memang untuk timnas senior, tetapi dia membantu untuk persiapan tim ke Piala Dunia U-20. Jadi tidak boleh tanggung, kami ingin memilih pelatih yang berpengalaman di level Piala Dunia," kata Ratu Tisha.

Tim Pantau
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: