Pantau Flash
PSBB di Kota Bekasi Diperpanjang hingga 2 Juli 2020
PSBB Masa Transisi, Gojek: Driver Dapat Layani Penumpang 8 Juni
Rapimnas Gerindra Minta Prabowo Kembali Pimpin Partai
Akibat COVID-19, BKPM Akan Revisi Target Realisasi Investasi
BMKG Prediksi Banjir Rob di Cirebon Terjadi hingga 6 Juni

Rebut Kemenangan Perdana, Brasil Semakin Dekat dengan Tiket 16 Besar

Headline
Rebut Kemenangan Perdana, Brasil Semakin Dekat dengan Tiket 16 Besar Brasil menang 2-0 atas Kosta Rika. (Foto: Reuters/Carlos Garcia Rawlins)

Pantau.com - Timnas Brasil sukses meraih kemenangan perdana pada babak penyisihan Grup E Piala Dunia 2018. Bertemu Kosta Rika pada partai kedua, Tim Samba berhasil meraih kemenangan 2-0 pada laga yang berlangsung di Stadion Saint-Petersburg, Jumat (22/6/2018).

Tambahan tiga angka membuat Brasil semakin dekat untuk merebut tiket babak 16 besar Piala Dunia 2018. Tim asuhan Tite tersebut menghuni posisi puncak klasemen sementara Grup E dengan raihan empat poin dari dua laga.

Brasil yang lebih diunggulkan menghadapi Kosta Rika langsung mengambil inisiatif menyerang. Menggunakan pola 4-3-3, Tim Samba mengandalkan trio Neymar Jr, Gabriel Jesus, serta Willian Borges untuk mencetak gol.

Baca juga: Preview Brasil vs Kosta Rika, Menanti Magis Neymar

Namun, serangan bertubi-tubi yang dilancarkan Brasil mampu digagalkan dengan baik oleh barisan bertahan Kosta Rika. Hingga babak pertama berakhir, skor tetap 0-0.

Selepas jeda, Brasil semakin menaikkan intensitas serangan mereka. Peluang emas didapat di menit 79 saat Neymar dijatuhkan di kotak terlarang. Wasit yang sebelumnya memberikan hadiah penalti, mengubah keputusannya tersebut setelah melihat tayangan ulang menggunakan Video Assistant Referee (VAR).

Brasil terus mencari celah untuk membongkar pertahanan Kosta Rika. Sayang, penampilan apik Keylor Navas di bawah mistar mampu meredam setiap serangan yang dilancarkan Thiago Silva dan kawan-kawan.

Usaha Brasil akhirnya berbuah hasil di masa injury time. Umpan pendek Gabriel Jesus mampu dituntaskan dengan baik oleh Philippe Coutinho untuk memecah kebuntuan.

Sukses mencetak satu gol tidak menjadikan Brasil puas. Neymar yang dari babak pertama mencoba mencetak gol akhirnya mampu mencatatkan namanya di papan skor setelah memanfaatkan umpan Douglas Costa. Skor akhir 2-0 untuk kemenangan Brasil.  

Di sisi lain, kekalahan dari Brasil ini memastikan langkah Kosta Rika di Piala Dunia 2018 terhenti. Bryan Ruiz dan kawan-kawan saat ini menempati posisi juru kunci dengan belum sekalipun meraih poin dari dua pertandingan. 

Susunan pemain:

Kosta Rika (3-4-3): Keylor Navas; Oscar Duarte, Giancarlo Gonzalez, Johnny Acosta; Cristian Gamboa, Celso Borges, David Guzman, Bryan Ruiz; Bryan Ruiz, Marco Urena, Johan Venegas.

Pelatih: Oscar Ramirez

Brasil (4-3-3): Alisson; Fagner, Thiago Silva, Miranda, Marcelo; Paulinho, Casemiro, Philippe Coutinho; Willian, Gabriel Jesus, Neymar.

Pelatih: Adenor 'Tite' Leonardo Bacchi

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Reporter
Reza Saputra

Berita Terkait: