Pantau Flash
Pemerintah Optimistis Investasi Listrik Meningkat 39 Miliar Dolar
Erick Thohir Berencana Tutup 5 Anak Usaha Garuda Indonesia
BI Targetkan Pertumbuhan Kredit 2020 di Kisaran 9-11 Persen
11 Pos Lintas Batas Negara Terpadu Akan Rampung di 2020
Gilas Persija 4-1, Persebaya Juara Piala Gubernur Jatim 2020

Repsol Honda Absen di MotoGP 2021?

Headline
Repsol Honda Absen di MotoGP 2021? Marc Marquez (Foto: Crash.net)

Pantau.com - Nama Repsol Honda terancam akan hilang pada gelaran MotoGP musim 2021 mendatang. Hal itu karena keengganan pihak Honda untuk memperpanjang kontrak dengan Repsol hingga membuat nama tim Repsol Honda terancam absen seusai MotoGP 2020.

Nama Repsol dan Honda seakan menjadi kesatuan yang tidak terpisahkan. Setelah melakoni kerja sama selama 26 tahun atau sejak tahun 1994, perusahaan minyak asal Spanyol tersebut dikabarkan akan pecah kongsi pada akhir 2020.

Selama menggunakan nama Repsol Honda, tim pabrikan asal Jepang tersebut telah melahirkan banyak juara dunia, mulai dari Mick Doohan, Alex Criville, Nikcky Hayden, Casey Stoner, hingga Marc Marquez.

Baca Juga: Rossi Bisa Mengaspal di MotoGP hingga 2021 dengan Satu Syarat

Seperti dilansir dari Speedweek, para petinggi Honda Racing Corporation (HRC) tidak ingin untuk menandatangani kontrak baru bersama perusahaan migas asal Spanyol itu.

Bahkan HRC disinyalir akan menggandeng perusahaan asal Belanda, Shell setelah mengakhiri hubungan dengan Repsol. Tim berlogo sayap tunggal tersebut memilih Shell karena ingin memperdalam kerja sama mereka.

Shell sudah menjadi sponsor bagi tim Idemitsu Honda Asia untuk kelas Moto2 musim 2020 yang merupakan milik Hiroshi Aoyama. Selain itu, Shell juga telah menghabiskan bertahun-tahun bersamaan dengan Honda untuk menggelar ajang Advance Asian Talent Cup.

Baca Juga: Alex Marquez Tak Ingin Warisi Setelan Motor Jorge Lorenzo

Kolaborasi Repsol dan Honda telah membuahkan 17 gelar juara dunia di kelas tertinggi untuk enam pembalapnya. Mick Doohan dengan 5 gelar juara, enam gelar juara dunia dari Marc Marquez dan Valentino Rossi sebanyak tiga gelar, serta yang lain merengkuh satu gelar.

Repsol Honda mengakhiri MotoGP 2019 dengan pencapaian luar biasa. Dengan hadirnya Marc Marquez dan Jorge Lorenzo, pabrikan Jepang itu berhasil menggenggam triple crown dengan menjadi raja di kategori pembalap, konstruktor, dan tim.

Pada musim depan 2020, Repsol Honda akan dipekuat oleh pasangan kakak beradik, Marc Marquez dan Alex Marquez yang akan menunggangi motor RC213V. Ini pun akan jadi debut Alex Marquez di ajang tertinggi MotoGP.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - WIL
Category
Olahraga

Berita Terkait: