Pantau Flash
Polisi Jerat 'Gilang Bungkus' dengan Pasal Perbuatan Tidak Menyenangkan
Juventus Resmi Pecat Maurizio Sarri
TikTok Ancam Tempuh Jalur Hukum Usai Diblokir Donald Trump
Pemerintah Beri Santunan Rp300 Juta untuk Tenaga Medis Gugur Tangani Korona
Update COVID-19: Bertambah 2.277 Kasus, Total Sudah 123.503 Positif

Resmi! Lee Chong Wei Putuskan Pensiun dari Dunia Bulutangkis

Headline
Resmi! Lee Chong Wei Putuskan Pensiun dari Dunia Bulutangkis Lee Chong Wei. (Foto: The Star)

Pantau.com - Setelah simpang siur selama sepekan terakhir, pebulutangkis Malaysia Lee Chong Wei telah membuat keputusan terkait masa depannya. Usai berkarier selama 19 tahun di dunia bulutangkis akhirnya ia memutuskan untuk gantung raket.

Keputusan itu disampaikan Lee Chong Wei dalam sesi konferensi pers yang digelar Kamis (13/6/2019) di Menara KBS, Putrajaya, Malaysia. Pengumuman ini sekaligus menyudahi semua spekulasi yang berkembang selama sepekan terakhir, dimana ia santer diisukan mundur sebagai pemain bulutangkis profesional.

Baca juga: Kapan Kau Comeback, Lee Chong Wei?

"Saya ingin mengumumkan bahwa saya memutuskan pensiun dari olahraga yang sudah saya geluti selama 19 tahu. Ini adalah keputusan yang sulit. Namun saya tak punya pilihan lain setelah berkonsultasi dengan dokter di Jepang bulan lalu," ujar Lee seperti yang dikutip dari The Star, Kamis (13/6/2019).

Pada sesi konferensi pers tersebut, Lee Chong Wei tak lupa untuk menghaturkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukungnya selama ini. Pemain legendaris ini memang terkena kanker sejak Juli 2018 lalu, setelah itu pun ia tidak berlaga lagi di beberapa turnamen.

Baca juga: Didiagnosa Menderita Kanker, Pebulutangkis Lee Chong Wei Jalani Perawatan

"Saya ingin berterima kasih kepada semua warga Malaysia dan orang-orang di KBS serta ISN. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua pelatih saya, Daruk Misbun Sidek dan Datuk Tey Seu Bock," ucapnya.

Sebelumnya kabar itu berembus setelah pemain 36 tahun tersebut sudah hampir sebulan absen dalam pelatihan nasional yang digelar Badminton Association of Malaysia(BAM). Berdasarkan informasi yang beredar, Lee Chong Wei tidak mendapat rekomendasi dari tim dokter yang menangani kanker hidungnya untuk kembali bermain.

Akan tetapi, mantan tunggal putra nomor satu dunia itu sempat menampik kabar tersebut dan mengaku ingin berkomunikasi dulu dengan pihak BAM Dan akhirnya ia menyudahi karirnya yang selama ini.

Baca juga: Kisah Menarik Lee Chong Wei di Bulan Ramadhan, Intip Yuk

Pada kunjungannya ke Jepang itu, Lee Chong Wei mengaku diberi delapan kuesioner terkait kondisi kesehatannya. Dari kuesioner tersebut, tim dokter menyimpulkan Lee tidak cukup prima untuk melakukan kegiatan berintensitas tinggi, salah satunya bermain bulutangkis secara kompetitif.

Tim Pantau
Editor
Sigit Rilo Pambudi
Penulis
Sigit Rilo Pambudi
Reporter
Willa Wildayanti

Berita Terkait: