Resmikan Penggunaan MOC untuk Asian Games 2018, Ini Harapan JK

Jusuf Kalla bersama Erick Thohir meresmikan MOC. (Foto: Pantau.com/Reza Saputra)Jusuf Kalla bersama Erick Thohir meresmikan MOC. (Foto: Pantau.com/Reza Saputra)

Pantau.com – Indonesia terus mempersiapkan diri untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018.


Salah satunya adalah penggunaan Main Operation Center (MOC) yang diresmikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla (JK), di wisma serbaguna Inasgoc, Jakarta, Kamis (31/1/2018).


JK tidak sendirian dalam meresmikan penggunaan MOC untuk Asian Games 2018. Orang nomor dua di Indonesia itu didampingi oleh Sesmenpora Gatot S Dewabroto, CdM Asian Games Komjen Pol Sjafruddin, Ketum Pelaksana Asian Games Erick Tohir, Waketum Pelaksanaa Asian Games Syafrie Syamsudin, serta Ketum KONI Tono Suratman.


MOC merupakan ruang kendali dan monitor yang dilengkapi dengan 24 layar pemantau untuk segala kegiataan. Nantinya, mulai dari kedatangan atlet, hingga jalannya pertandingan dapat dipantu melalui MOC baik itu yang ada di dalam maupun luar lapangan.


“Asian games sisa 6,5 bulan, semakin dekat maka persiapan juga semakin baik. Operation room-nya kalau kata konsultan adalah yang terbaik yang pernah mereka lihat. Bagi saya juga sangat luar biasa bisa mengecek semua bidang. Semua bisa dikontrol dalam satu ruangan,” ujar JK.


MOC akan langsung digunakan pada tes event Asian Games yang berlangsung 8-15 Februari 2018. JK menambahkan, penggunaan MOC juga akan menjadi tolak ukur bagaimana kesiapan Indonesia dalam memberikan pelayaan sebagai tuan rumah.


“Meski invitation tournamen sebagai arena test event tidak diikuti semua peserta Asian Games 2018, ajang ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai tuan rumah untuk menguji komponen terkait. Mulai dari menerima kedatangan atlet maupun ofisial, kesiapan athlete village, menangani pertandingan, sarana IT, dan lain sebagainya,” lanjut JK.


Ketua Pelaksana Asian Games 2018, Erick Tohir optimis penyelenggaraan test event akan berjalan dengan baik. Sejauh ini, sudah ada 18 NOC yang mendaftar untuk ikut dalam test event Februari nanti.


“Total cabang yang dipertandingkan di test event ada delapan. Sudah 18 NOC yang mendaftar,target kurang lebih 1000 peserta. Sekitar tanggal 5-6 atlet datang ke athlete village. Saya rasa test event akan berjalan dengan baik,” lanjut Erick.


“Semua akan terkontrol di sini (MOC). Kami lihat hari ini baru untuk persiapan test event, rencana 2 ruangan ini akan full untuk MOC waktu game times,” pungkasnya.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta