Sebelum Injak Final Indonesia Master 2018, Anthony Sempat Kemakan Permainan Chou

Anthony Sinisuka Ginting. (Foto: Reza Saputra/Pantau.com)

Pantau.com Tunggal putra, Anthony Ginting berhasil memastikan diri lolos ke partai final Indonesia Master 2018 setelah mengalahkan wakil Taiwan, Chou Tien Chen dengan 21-16, 13-21, dan 21-12 di Istora Senayan, Sabtu (27/1/2018). Meski begitu, Anthony harus bersusah payah untuk dapat meraih kemenangan.

Pasalnya, Chou yang saat ini menghuni posisi tujuh ranking dunia itu tampil menekan sejak awal laga. Terbukti, pebulu tangkis 28 tahun itu mampu unggul 6-3 di awal gim pertama.

Namun, dengan dukungan ribuan suporter yang memadati Istora Senayan, Anthony mampu bangkit. Permainan bola tipu yang diperagakan mampu membuat pebulu tangkis peringkat 16 dunia itu berbalik unggul dengan 11-10 sebelum akhirnya merebut set pertama dengan 21-16.

Di gim kedua, Chou kembali memperagakan permainan menyerang. Kali ini, ia berhasil mengontrol permainan Anthony dan akhirnya merebut set kedua denga 13-21 sekaligus memaksa laga dilanjutkan ke set ketiga.

Memasuki gim pamungkas, giliran Anthony yang mengungguli Chou dngan 4-1. Namun lagi-lagi, Chou yang bermain menekan mampu menyamakan kedudukan jadi 7-7.

Anthony yang tidak ingin terbawa permainan kembali melancarkan serangan dan unggul 11-9 di interval set ketiga. Selepas istirahat, Anthony terus menggempur Chou dengan smash menukik. Hasilnya, Anthony berhasil memenangkan gim penentuan dengan 21-12.

“Di set pertama cukup ketat, sempat ketinggalan beberapa poin. Lewat 11 sudah kejar-kejaran (poin). Memang kuncinya sama kaya sebelumnya, harus tempo lebih cepat karena poin tipis. Harus ada inisitif menyerang tapi juga sabar,” ungkap Anthony.

“Set kedua kalah karena saya masuk ke dalam permainan dia, lawan memanfaatkan panjang lebar lapangan hingga saya kehilangan tenaga. Set ketiga balik ke gim pertama, ada inisiatif menyerang. Ini gim terakhir jadi harus maksimal,” lanjutnya.

Di babak final, Anthony akan bertemu wakil Jepang, Kazumasa Sakai yang diluar dugaan mampu mengalahkan unggulan keempat, Son Wan Ho. Sakai sukses merebut tiket final setelah menang 21-18, 20-22, dan 21-15.

Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta