Pantau Flash
6 Pekerja Pabrik Bir Tewas dalam Penembakan Brutal di Winconsin AS
DPR Lantik Tiga PAW, Dua dari PDIP dan Satu Nasdem
Menteri Edhy Bertolak ke Australia Bahas Budidaya Lobster
Arab Saudi Berhentikan Sementara Pelayanan Umrah Gara-gara Korona
'Wanita Bisa Hamil di Kolam Renang' Jadi Sorotan Media Internasional

Sejarah di Balik Julukan 10 Klub Premier League

Sejarah di Balik Julukan 10 Klub Premier League Manchester City Keluar sebagai juara di Premier League 2018 (Foto: Premier League.com)

Pantau.com -Siapa tak tahu Premier League? Liga yang diklaim sebagai liga terbaik di dunia itu memiliki banyak penggemar, bahkan seluruh dunia tahu klub-klub besar apa saja yang ada di kompetisi kasta tertinggi di Inggris tersebut.

Bahkan setiap tim selalu bertarung seru setiap pekannya di Premier League. Liga paling kompetitif ini memang selalu mencuri perhatian banyak orang, sedangkan untuk pendukung salah satu klub tentu sudah tidak asing dengan julukan-julukan yang diberikan kepada masing-masing klub.

Sebelum membahas semakin jauh, tentu kalian ingin tahu apa cerita sejarah di balik julukan klub tersebut. Berikut deretan 10 julukan klub Premier League, yang berhasil kami rangkum:

1.Liverpool (The Reds)

Liverpool (Foto: Reuters)

‘The Reds’ adalah julukan tim Liverpool, karena jersey kebesarannya yang berwarna merah. Namun sebelum di era 1960-an, Liverpool pernah bermain dengan jersey kandang berwarna biru putih.

Klub yang telah meraih 18 titel Premier League ini selanjutnya terus mengenakan warna merah sebagai jersey utama. Menurut manajer legendaris Liverpool , Bill Shankly, warna merah bisa mengintimidasi lawan. Ucapan Shankly itu pernah menjadi kenyataan pada medio 90-an, dan kini, pasukan Jurgen Klopp mulai memperlihatkannya kembali kejayaan mereka kepada tim-tim rival, khususnya ketika bermain di Anfield.

Baca Juga:5 Insiden Kartu Merah yang Paling Dikenang dalam Sejarah Sepak Bola

2.Arsenal (The Gunners)

Para pemain Arsenal (Foto: Reuters)

Julukan tim sepakbola Arsenal adalah The Gunners yang berasal dari bagian sejarah pembentukan tim. Didirikan pada akhir abad 19 oleh para pekerja Royal Arsenal, di mana merupakan tempat pembuatan senjata untuk pasukan Inggris. Mereka sebelumnya dikenal sebagai Woolwich Arsenal.

Namun setelah mereka pindah dari Woolwich Timur Selatan pada tahun 1913 ke lokasi terakhir di London utara, nama ‘Woolwich’ dihilangkan. Tetapi untuk nama Arsenal tetap dipakai, sehingga julukan yang tercipta mengacu pada pembuat senjata api alias The Gunners atau dipanggil juga dengan sebutan Meriam London.

3.Tottenham Hotspurs (The Lilywhites)

Striker Spurs, Harry Kane dan Son Heung Min (Foto: Premier League)

Pada sebagian besar klub sepakbola di dunia, warna kostum memang kerap menjadi asal-muasal julukan yang disematkan kepada sebuah klub. Sama halnya seperti Tottenham Hotspurs yang memiliki julukan The Lilywhites atau 'Putih Bersih', yang mana itu dikarenakan tim yang saat ini dilatih oleh Mauricio Pochettino ini selalu mengenakan jersey warna putih bersih untuk kostum utamanya.

4.Manchester United (The Red Devils)

Para pemain Manchester United (Foto: Istimewa)

Saat klub ini masih dikenal sebagai Newton Heath, julukan tim Manchester United adalah ‘The Heathens’, keduanya mengacu pada beberapa kota yang dianggap rumah mereka dan legenda tersebut mengatakan bahwa mereka adalah tim Inggris pertama yang bermain dalam pertandingan yang diadakan pada hari Minggu.

Namun setelah nama timnya berganti, dan berubah dari hijau dan emas menjadi merah, tim ini kemudian dijuluki sebagai ‘The Reds’. Kemudian mereka dikenal sebagai ‘The Red Devils’, yang berasal dari tim rugby dari Salford yang disebut ‘Les Diables Rouges’ oleh media Prancis pada tahun 1930an.

Matt Busby kemudian mengambil alih tim pada tahun 1960an, mereka kemudian juga menyiarkan pertandingan.

5.Southampton (The Saints)

Southampton (Foto: Premier League.com)

Julukan ini sedikit berbau religius, namun memang begitu adanya. Southampton diberi julukan The Saints oleh gereja setempat bernama St Mary pada 1885. Kala itu, anggota gereja membentuk tim yang masing-masing bernama St Mary's YMA, St Mary's FC, dan Southampton St Mary's.

Semuanya memiliki embel-embel Saints pada abad ke-19 hingga ketiga tim itu melebur menjadi satu nama, Southampton pada 1897. Julukan The Saints makin kental diberikan kepada Southampton kala Stadion St Mary dibuka pada 2001.

Baca Juga: 5 Pemain yang Jadi Bintang Tim Nasional, tapi Melempem di Klub

6.Chelsea (The Blues)


Cesar Azpilicueta saat mengangkat trofi Liga Europa. (Foto: Reuters)

Tim kesebelasan Chelsea kini lebih dikenal dengan julukan ‘The Blues’, namun nama panggilan asli mereka adalah ‘The Pensioners’ yang berarti pensiunan. Gambar ‘Chelsea Pensioner’ menghiasi logo pertama klub tersebut pada tahun 1905 untuk menghormati Rumah Sakit Chelsea dimana veteran ditempatkan.

Namun sampai sekitar tahun 1950-an, citra pensiunan sudah tidak lagi digunakan dan diganti dengan singa, yang juga menjadi titel bagi Chelsea. Singa diyakini telah dipengaruhi oleh jajaran senjata milik Metropolitan Borough of Chelsea, yang sudah tidak ada lagi sejak 1965. Dan singa juga bisa diidentifikaskan sebagai raja hutan.

7.Burnley (The Clarets)

Burnley (Foto: Reuters)

Mungkin Burnley merupakan salah satu klub dengan julukan tertua yang sudah lama eksis di Inggris. The Clarets yang memiliki arti warna merah anggur, identik dengan Burnley sejak 1888 atau 130 tahun lebih. Julukan ini diberikan karena warna merah anggur yang dominan pada jersey kandang mereka.

Pada 1910 Burnley menggunakan warna merah anggur dan biru dari Aston VIlla. Klub ini dijadikan inspirasi oleh Burnley karena Villa merupakan klub tersukses di akhir abad 19-an dan awal 20-an.

8.Everton (The Toffes, The Blues)

Everton (Foto: Premier League.com)

Selain terkenal dengan Derby Merseyside melawan rival abadi, Liverpool, Everton juga memiliki sejarah panjang yang menjadi asal-usul kelahiran julukan The Toffees atau semacam manis-manisan. Ada satu cerita di balik julukan Toffess yang konon katanya, berasal dari toko toffee tersohor di Liverpool selama 100 tahun lamanya.

Toko itu bernama 'Ye Ancient Everton Toffee House' dan dikelola oleh Old Ma Bushell, satu-satunya 'Toffee Lady' dan pencipta Toffee Everton. Toko tersebut berlokasi di dekat Prince Rupert's Tower - gambar yang berada di tengah emblem Everton. Ini merupakan cerita asal usul julukan The Toffes.

Uniknya, Everton tidak pernah bermain di distrik Everton sejauh ini, melainkan Kota Liverpool. Saat ini, Everton ditangani oleh manajer asal Portugal, Marco Silva.

9.Manchester City (The Citizens, Sky Blues)

Manchester City (Foto:Mancity.com)

Manchester City dikenal sebagai The Citizens, nama julukan yang tepat untuk saat ini. Sebelumnya ‘Sky Blues’ adalah nama julukan lain yang biasa digunakan. Manchester City diyakini memakai warna biru langit sepanjang sejarah mereka, dan catatan mengatakan mereka menggunakan warna ini sejak tahun 1890-an.

Klub ini awalnya dikenal sebagai St Mark of Gorton, dan kemudian Ardwick AFC. Tidak ada jawaban yang pasti mengapa warna biru langit dipilih, namun satu teori mengatakan bahwa hal itu mungkin terkait dengan freemason pada awal pendiriannya.

Baca Juga: Menilik 5 Olahraga Tertua di Dunia yang Masih Dimainkan Sampai Saat Ini!

10.Newcastle United (The Magpies)

Newcastle United (Foto: Reuters)

Julukan The Magpies diberikan untuk tim Newcastle mengacu pada warna resmi tim hitam putih, serta cerita bagaimana mereka bisa menggunakan jersey dengan warna klasik ini berdasarkan sejarah klub yang asli.

Newcastle United dibentuk saat Newcastle East End, tim yang lebih sukses di antara kedua klub di kota itu, bergabung dengan klub tetangga yang terancam bubar. Klub Newcastle West End mengambil alih St. James Park pada tahun 1892.

Tim baru yang terbentuk, Newcastle United, terus bermain menggunakan warna klub East End, jersey merah dan celana pendek putih untuk waktu yang singkat, lalu beralih ke ikon hitam putih pada tahun 1894 yang merupakan warna kedua tim tersebut.

Tim Pantau
Sumber Berita
Dari berbagai sumber
Editor
Kontributor - WIL
Penulis
Kontributor - WIL
Category
Olahraga