Pantau Flash
Total Ada 16 Orang Ditangkap Terkait OTT Bupati Banggai Laut
Dokter: Kelelahan pada Penyintas Korona Jadi Gejala Fenomena 'Long COVID'
Bamsoet: Deklarasi Benny Wenda Makar, Pemerintah Harus Tindak Tegas
Rekor Lagi! Kasus COVID-19 di Indonesia Melonjak Naik 8.369 Hari Ini
Lemhannas: Benny Wenda Tidak Punya Kewenangan untuk Deklarasi Papua Barat

Sumedang Berharap 'Kecipratan' Tuah Piala Dunia U-20

Sumedang Berharap 'Kecipratan' Tuah Piala Dunia U-20 Trofi Piala Dunia U-20. (Foto: Ist)

Pantau.com - Pemerintah Kabupaten Sumedang berharap gelaran Piala Dunia U-20 akan memberikan tuah terutama di bidang ekonomi pariwisata seiring dengan ditunjuknya dua stadion yang berada di wilayah itu sebagai tempat latihan.

"Meski hanya sebagai tempat latihan, kami berharap penyelenggaraan Piala Dunia U-20 memberi dampak dengan semakin mengenalkan Sumedang ke mata dunia," ujar Kepala Dinas Disparbudpora Hari Santosa, Jumat (23/10/2020).

Pemerintah telah menunjuk Stadion IPDN dan Stadion Jati Unpad di Kabupaten Sumedang sebagai tempat penyerta penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Kedua lapangan itu diproyeksikan sebagai lapangan pendukung untuk gelaran Piala Dunia U-20 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Baca juga: Presiden Jokowi Pantau Kesiapan RI sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Pemkab Sumedang, kata dia, memang hanya bertindak sebagai fasilitator terhadap dua tempat tersebut. Selebihnya merupakan kewenangan pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR.

Akan tetapi, mengingat ada lokasi di wilayahnya yang akan digunakan sebagai tempat latihan sejumlah negara tentu momentum tersebut mesti dimanfaatkan dengan baik.

Apabila diperbolehkan FIFA, mereka akan menggelar pameran budaya serta mempromosikan tempat wisata yang ada di sekitar wilayah Kabupaten Sumedang.

Di samping itu, banyaknya wisata lintas alam bisa dimaksimalkan untuk menggenjot pariwisata olahraga seperti yang digembor-gemborkan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"Peluang ini akan kita sikapi. Mudah-mudahan mereka tidak hanya latihan di sana mungkin sesekali bisa meluangkan waktu untuk wisata. Kita akan koordinasi dengan pemerintah pusat apakah memungkinkan," kata dia.

Baca juga: Demi Prestasi Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20

Sebelumnya, pemerintah menunjuk tiga tempat yang akan digunakan sebagai tempat latihan dan menjadi penyerta Stadion Si Jalak Harupat sebagai venue utama pertandingan Piala Dunia U-20.

Tiga tempat latihan yang akan digunakan yakni Stadion IPDN (Kabupaten Sumedang), Stadion Jati Universitas Padjadjaran (Kabupaten Sumedang), dan Stadion Sidolig (Kota Bandung).

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Adryan Novandia

Berita Terkait: