Super Krusial, Pasukan The Guardian Pantang Gentar Hadapi Arema FC

Pantau.com – Tak sebatas pamungkas, bentrok Bhayangkara FC dengan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Selasa (30/1/2018), jadi laga super krusial buat kedua kubu. Tim yang keluar sebagai pemenang bakal melenggang ke fase perempatfinal Piala Presiden 2018.

Sama-sama meraup empat poin hasil satu kali menang dan satu kali imbang di dua laga pertamanya di Grup E, Bhayangkara FC dan Arema FC pun bertaruh nasib. Ya, merujuk kondisi klasemen akhir empat grup lain di babak penyisihan grup Piala Presiden 2018, hanya tim berstatus juara Grup E yang bisa melaju ke fase berikutnya, perempatfinal.

Artinya, bagi Bhayangkara FC, hanya kemenangan yang akan mengantarkan mereka ke fase perempatfinal. Jangankan kalah, seri pun, tim berjuluk The Guardian itu akan tersisih. Sesuai Regulasi Piala Presiden 2018 pasal lima tentang Sistem Turnamen ayat d ii, selisih gol jadi perhitungan yang dipakai jika ada 2 atau lebih tim memiliki poin yang sama.

“Kami tampil baik di laga lawan FC Tokyo. Tapi, laga tersebut hanya laga persahabatan. Laga yang sebenarnya baru akan kami hadapi melawan Arema FC. Karena itu, kami harus memastikan untuk bisa tampil lebih baik dan meraih kemenangan. Soal Thiago Furtuoso, kami tahu ia adalah pemain yang berbahaya. Ia mampu cetak dua gol dari dua laga. Kami pastikan nanti untuk menutup pergerakannya,” tutur juru taktik Bhayangkara FC Simon Alexander McMenemy usai memimpin latihan Bhayangkara FC di Stadion Gajayana, Kota Malang, Jawa Timur, Senin 29 Januari 2018.

Pertemuan kedua tim memang menjadi magnet. Selain hasilnya menentukan nasib, duel itu pun jadi saling unjuk gigi tim berlabel juara. Bhayangkara FC meraih gelar juara di pentas Liga 1 2017. Sementara Arema FC keluar sebagai juara di Piala Presiden 2017.

Bicara soal pertemuan mereka, Arema FC boleh unggul (lima kali bertemu, Arema FC menang empat kali, dan Bhayangkara FC menang satu kali ). Tapi, di pertemuan terakhirnya di Liga 1 2017, Bhayangkara FC berjaya. Gol Dendy Setyawan dan Ilham Udin Armaiyn antarkan The Guardian menang 2-1.

“Semangat jadi faktor menentukan dalam pertandingan genting seperti saat ini. Karenanya, kami harus menampilkan semangat juara kami. Tidak ada hasil lain selain menang untuk kami raih di laga itu,” tegas manajer tim Bhayangkara FC AKBP Sumardji yang mengawal langsung persiapan anak asuhnya jelang duel lawan Arema FC.

Selain Bhayangkara FC dan Arema FC, Persela Lamongan pun masih berpeluang menjadi wakil Grup E di perempat final Piala Presiden 2018. Kendati tercecer diperingkat ketiga di klasemen, Laskar Joko Tingkir -julukan Persela Lamongan- bisa menyodok ke posisi teratas dengan modal dua poin.


Syaratnya, mereka wajib menang dengan skor lebih dari tiga gol dan di Laga lainnya berujung imbang. Meski koleksi poin bakal sama, Persela Lamongan bisa menyabet tiket perempat final karena unggul selisih gol.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Widji Ananta