Suzuki Sayangkan Pembatalan MotoGP Qatar, tapi…

Alex Rins saat uji coba pramusim di Sirkuit JerezAlex Rins saat uji coba pramusim di Sirkuit Jerez

Pantau.com – Tim Suzuki Ecstar sangat menyayangkan pembatalan seri perdana MotoGP 2020 yang akan berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu 8 Maret mendatang. Namun tim yang bemarkas di Hamamatsu, Jepang ini tetap menerima keputusan tersebut demi keselamatan seluruh tim. 

Federasi motorsport internasional (FIM) pada Senin terpaksa mengeluarkan pernyataan yang secara resmi membatalkan seri pembuka MotoGP di Qatar yang sedianya digelar 8 Maret nanti. Hanya saja balapan Moto2 dan Moto3 tetap akan digelar di Sirkuit Losail karena rombongan tim dan pebalap telah berada di Qatar untuk menjalani sesi tes pramusim.

“Tentunya sangat disayangkan balapan pertama musim ini dibatalkan karena kami sudah siap untuk mulai dan juga para penggemar,” ungkap bos tim Suzuki Ecstar Davide Brivio di laman resmi tim.

Baca juga: MotoGP Qatar Resmi Dibatalkan Akibat Virus Korona, Italia Pegang Bola Panas

“Sejumlah staf tim kami telah berada di Qatar menyusul tes pramusim di sana. Namun saat ini hal terpenting adalah keselamatan dari masyarakat, dan kami menghormati keputusan yang diambil oleh otoritas setempat dan ofisial MotoGP,” kata pria berkebangsaan Italia itu.

Italia sendiri menjadi salah satu negara Eropa yang terdampak virus korona. Italia telah mencatat lebih dari 1.100 kasus virus corona sejak penularan pertama kali teridentifikasi di wilayah bagian utara negara itu pada 20 Februari dan setidaknya 29 orang telah meninggal dunia karenanya.

Enam pebalap pada kelas elit berasal dari Italia – tujuh kali juara dunia MotoGP Valentino Rossi, runner-up 2019 Andrea Dovizioso, Danilo Petrucci, Francesco Bagnaia, Franco Morbidelli dan Andrea Iannone. Sedangkan Ducati dan Aprilia adalah dua pabrikan terkemuka dari Italia.

“Ini adalah waktu yang rentan dan aneh untuk setiap orang di seluruh dunia dan kami harus mengamati semuanya dari balapan ke balapan saat ini dan melihat apa yang berkembang di pekan-pekan yang akan datang,” lanjut Brivio.

Baca juga: Olimpiade Tokyo Dihantui Korona, IOC Bakal Kawal Sesuai Jadwal

Sementara itu, pebalap Suzuki Ecstar Alex Rins juga mengungkapkan kesedihan atas pembatalan gelaran MotoGP Qatar 2020. Meski begitu ia  tetap menerima keputusan yang sudah dibuat FIM. 

“Sangat sedih tak bisa membalap di #QatarGP tapi yang paling penting semoga tetap aman kalian semua,” kata pebalap Spanyol itu di akun Instagram.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta
Penulis
Reza Saputra