Pantau Flash
Persib Bandung Perpanjang Kontrak Omid Nazari Satu Musim
Hafiz/Gloria Rebut Tiket Final Thailand Masters 2020
43 Narapidana Terima Remisi Imlek pada Tahun 2020
Trump Naikkan Tarif Produk Turunan Baja dan Alumunium Beberapa Negara
Winger Chelsea Gabung Inter Milan dengan Status Pinjaman

Terdampak Karhutla, Tour de Siak 2019 Terancam Batal

Terdampak Karhutla, Tour de Siak 2019 Terancam Batal Tour de Siak. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) telah membuat kabut asap mengepung Kalimantan dan Sumatera. Kondisi ini menjadi salah satu hambatan dalam pengembangan pariwisata, terumata event Tour de Siak 2019.

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, meminta agar beberapa promosi yang terdampak kabut asap untuk dipending terlebih dahulu. Pasalnya, akan memiliki dampak buruk bagi para wisatawan yang datang.

“Ini (Karhutla) bencana dan kita sudah umumkan, jika disana ada kebakaran,” tutur Arief Yahya.

Dengan melihat kondisi ini, Kemenpar meminta semua promosi wisata di kawasan yang terapar kabut asap untuk dipending. Jangan sampai ketika promosi digenjot, tetapi wisatawan tidak bisa datang.

Baca juga: Tour de Singkarak 2019 Bakal Finis di Kota Padang

Menpar menilai Karhutla juga dapat mengancam event wisata Tour de Siak 2019. Lantas, jika kondisi tidak memungkinkan, lebih baik ditunda atau dibatalkan.

“Kalau kondisinya tidak memungkinkan Tour de Siak harus dibatalkan atau diundur,” ujarnya.

Sementara Dirut PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengatakan untuk penerbangan yang dikelola Angkasa Pura I tidak banyak terpengaruh. Apabila ada, juga tidak begitu signifikan. “Dampak tidak begitu signifikan,” paparnya.

Dampak kabut asap dari Karhutla menjadikan beberapa penerbangan dari dan ke Yogyakarta dengan tujuan Palangkaraya serta Samarinda terpaksa ditunda. Semua karena kabut asap yang menyebabkan jarak pandang begitu terbatas.

Tim Pantau
Editor
Tatang Adhiwidharta
Category
Olahraga

Berita Terkait: