Pantau Flash
Pelaku Pelecehan Seksual saat Rapid Test di Bandara Soetta Jadi Tersangka
Ilham Saputra Ditunjuk sebagai Pelaksana Harian Ketua KPU
BMKG Keluarkan Peringatan Cuaca Ekstrem hingga 28 September
Positif COVID-19 Betambah 4.071, Total Menjadi 252.923 Kasus
Pendapatan Negara Turun 13,1 Persen, hingga Agustus Capai Rp1.034,1 T

Terungkap, Ini Alasan PBSI Duetkan Ahsan/Fajar di Final BATC 2020

Terungkap, Ini Alasan PBSI Duetkan Ahsan/Fajar di Final BATC 2020 Mohammad Ahsan/Fajar Alfian. (Foto: Dok. PBSI)

Pantau.com - Indonesia membuat perubahan dalam susunan pemain menghadpai Malaysia pada final Badminton Asia Team Championship (BATC) 2020, Minggu kemarin. Mohammad Ahsan yang biasa berpasangan dengan Hendra Setiawan harus berduet dengan Fajar Alfian untuk menghadapi Ong Yew Sin/Teo Ee pada partai keempat. 

Manajer tim Indonesia Susy Susanti mengungkapkan, Indonesia sengaja memecah Ahsan/Hendra dengan dua alasan yakni kondisi fisik dan rekor pertemuan. Di mana, Hendra baru kembali pasca mengikuti liga di India, akhir Januari silam. 

Baca juga: Gagal Sumbang Poin di Partai Final, Ini Dalih Jojo

Sedangkan melihat catatan rekor pertemuan, Ahsan/Hendra pernah menelan kekalahan dari Ong/Teo di Thailand Open 2019 dengan skor 18-21, 21-16, 21-23. 

"Untuk Ahsan/Fajar kenapa dipasangkan, karena kami mempertimbangkan kondisi terakhir atlet dan head to head dengan lawan, makanya diputuskan Ahsan/Fajar yang paling siap," tutur Susy. 

Meski melakukan perubahan, Susy mengaku tetap yakin sektor ganda akan menghasilkan poin bagi Indonesia. Peraih emas Olimpiade 1992 Barcelona ini menilai Indonesia memiliki kekuatan terutama di sektor ganda putra. 

"Di ganda ini sebetulnya mau diubah-ubah juga kami yakin, karena kami punya benteng yang kuat di ganda. Untuk tim tunggal harus lebih mempersiapkan diri lagi, masih belum konsisten. Anthony (Sinisuka Ginting) tampil baik, tapi Jonatan dan Shesar (Hiren Rhustavito) masih belum stabil," ungkap Susy. 

Baca juga: Fajar Akui Cangkung Main dengan Ahsan di Final BATC 2020

Benar saja, Ahsan/Fajar sukses mempersembahkan poin bagi skuad Merah Putih. Mereka berhasil mengalahkan Ong/Teo dengan 21-18, 21-17. 

Kemenangan itu sekaligus memastikan gelar juara bagi Indonesia di ajang BATC 2020 dengan kedudukan 3-1 atas Malaysia. 

Tim Pantau
Editor
Reza Saputra
Penulis
Reza Saputra

Berita Terkait: