Pantau Flash
Pemerintah Turunkan Harga PCR Rp275 Ribu, Langsung Berlaku Mulai Hari Ini
Ribuan Ormas di Jakarta Deklarasikan Diri untuk Amankan Ibu Kota pada Pemilu 2024
Sah! Harga PCR Resmi Turun Jadi Rp275 Ribu, di Luar Jawa-Bali Rp300 Ribu
Ada Unsur Pidana, Kasus Kaburnya Rachel Vennya dari Karantina Naik ke Penyidikan
Kabar Duka, Musisi Senior Oddie Agam Meninggal Dunia

Timnas Peru Usir Chile dari Copa America 2019

Timnas Peru Usir Chile dari Copa America 2019 Timnas Peru ke final Copa America 2019. (Foto: REUTERS/Amanda Perobelli)

Pantau.com - Tim nasional Peru berhasil mengalahkan Chile 3-0 dalam laga semifinal Copa America 2019 di Stadion Gremio Arena, Porto Alegre, Brasil, Kamis (4/7/2019).

Peru sukses meruntuhkan harapan sang juara bertahan yang ingin membukukan rekor juara tiga kali beruntun. Tiga buah gol disarangkan Peru ke gawang Chile tanpa balas, masing-masing dicetak oleh Edison Flores, Yoshimar Yotun dan Paolo Guerrero.

Di laga ini, pertandingan berjalan terbuka sejak awal dan Peru punya peluang lebih dulu saat laga baru berjalan dua menit lewat umpan tarik Guerrero yang terbuang penyelesaian Christian Cueva, lantas lima menit kemudian giliran Chile yang membuang kesempatan ketika tembakan Charles Aranguiz melenceng.

Kendati tak diunggulkan, Peru lebih dulu mencuri keunggulan ketika umpan silang Cueva diteruskan sundulan Andre Carrillo kepada Flores yang berdiri bebas di area tiang jauh dan menghujamkan bola ke dalam gawang Chile pada menit ke-21.

Baca juga: Messi Belum Mampu Bawa Argentina ke Final Copa America

Kejutan belum berhenti, di tengah upaya Chile menyamakan kedudukan, Peru justru menggandakan keunggulan pada menit ke-38 memanfaatkan keputusan tergesa-gesa kiper Gabriel Arias.

Arias meninggalkan sarangnya berusaha menghalau Carrillo di sisi kanan kotak penalti, namun bola dikirimkan kembali ke area tengah dimana Yotun menyambut dengan satu sentuhan sebelum melepaskan tembakan ke gawang tak bertuan.

Chile berusaha menyelamatkan wajah mereka, namun semenit jelang turun minum kiper Pedro Gallese melakukan penyelamatan penting atas tembakan Jose Pedro Fuenzalida yang hanya berbuah sepak pojok.

Kiper Peru melakukan penyelamatan saat Chile mendapatkan penalti. (Foto:REUTERS/Amanda Perobelli)

Ketertinggalan dua gol membuat Chile kian bernafsu pada paruh kedua, enam menit memasuki babak kedua Eduardo Vargas hampir menyamakan kedudukan ketika menanduk umpan silang Aranguiz, sayang bolanya yang sudah menaklukkan Gallese ditolak tiang gawang.

Sebaliknya, Peru tak membiarkan Chile menciptakan peluang sendirian, namun penyelesaian Yotun atas umpan tarik Cueva melambung di atas mistar gawang karena ia berada di bawah tekanan bek lawan pada menit ke-60.

Penyelamatan demi penyelamatan terus dibukukan Gallese, yakni pada menit ke-67 atas umpan silang tajam Jean Beausejour, peluang berbahaya Vargas dalam situasi serangan balik pada menit ke-75, sundulan Arturo Vidal pada menit ke-81 dan tembakan tepian kotak penalti Alexis Sanchez pada menit ke-82.

Peru seolah membunuh harapan Chile pada menit pertama masa injury time ketika Guerero lolos dari jebakan offside dan menerima umpan terobosan kiriman Renato. Tapi, merangsek mengecoh Arias dan menyontek bola ke gawang tak bertuan demi memperbesar keunggulan 3-0.

Baca juga: Video Momen Bek Chille Tekel Suporter Nakal dalam Laga Copa America

Chile memperoleh hadiah tendangan penalti tepat pada menit terakhir masa injury time, namun Gallese bahkan tak membiarkan lawannya mendapatkan gol hiburan ketika tetap tenang mengantisipasi eksekusi Vargas yang melakukan tendangan penalti bergaya panenka dan sang kiper menghentikannya dengan satu tangan.

Arturo Vidal dan kawan-kawan praktis harus mengubur mimpinya menjadi juara untuk tiga kali dan mereka hanya akan tampil di laga perebutan tempat ketiga melawan Argentina pada Minggu 7 Juli 2019. Sementara Peru melangkah ke partai final menantang tuan rumah Brasil dalam pertandingan yang bakal digelar di Maracana, Rio de Janeiro, pada Senin 8 Juli 2019.

Susunan pemain:

Chile (4-3-3): Gabriel Arias; Mauricio Isla, Gary Medel, Guillermo Maripan (Nicolas Castillo), Jean Beausejour; Arturo Vidal, Erick Pulgar, Charles Aranguiz; Jose Pedro Fuenzalida (Angelo Sagal), Alexis Sanchez, Eduardo Vargas

Pelatih: Reinaldo Rueda

Peru (4-2-3-1): Pedro Gallese; Luis Advincula, Luis Abram, Carlos Zambrano, Miguel Trauco; Yoshimar Yotun, Renato Tapia; Andre Carrillo (Andy Polo), Christian Cueva (Josepmir Ballon), Edison Flores (Christofer Gonzales); Paolo Guerrero

Pelatih: Ricardo Gareca

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta

Berita Terkait: