Tundukkan Persebaya Lewat Adu Penalti, PSMS Melaju ke Semifinal Piala Presiden 2018

PSMS Medan Vs Persebaya Surabaya (Foto: Antara)PSMS Medan Vs Persebaya Surabaya (Foto: Antara)

Pantau.com – PSMS Medan lolos ke babak semifinal Piala Presiden 2018 usai menaklukkan Persebaya Surabaya lewat drama adu penalti di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (3/2/2018).


Laga antara dua tim promosi itu berjalan sengit dan terbuka. Tim Ayam Kinantan berhasil unggul terlebih dulu saat laga baru berjalan lima menit lewat gol N’Guessan Kissito. Penyerang asing baru PSMS itu, mencetak gol melalui tandukannya usai menerima umpan Antoni Putro Nugroho. 


Baca juga: Lika-liku Kisah Persebaya Menuju Liga 1 Musim 2018


Pada menit ke-33, Persebaya berhasil menyamakan skor lewat tendangan penalti Irfan Jaya. Hukuman penalti diberikan wasit setelah Riki Kayame dilanggar kiper PSMS di kotak terlarang. Sembilan menit berselang, PSMS kembali unggul usai Sadney Urikhob setelah berhasil lolos dari jebakan offside dan menaklukkan kiper Miswar Putra. 


Pada paruh kedua, tim besutan Djadjang Nurdjaman memperlebar margin skor menjadi 3-1 lewat sepakan Frets Butuan. Didukung ribuan Bonek, tim Bajul Ijo meningkatkan intensitas serangan. Hasilnya terbukti, pemain mungil Ferinando Pahabol memperkecil skor menjadi 2-3 pada menit ke 66. Tiga menit kemudian, papan skor kembali berubah usai tendangan Nelson Alom menggetarkan gawang PSMS dan memaksa skor 3-3 bertahan hingga akhir laga.


Baca juga: Persija Jakarta Perkenalkan Jersey Anyar untuk Musim 2018


Skor imbang mengharuskan pertandingan dilanjutkan ke babak adu penalti, karena turnamen ini tidak mengenal perpanjangan waktu. Pada babak tos-tosan, empat algojo Persebaya gagal menjalankan tugasnya yakni, Ferinando Pahabol, Abu Rizal, Otavio Dutra dan Osvaldo Haay. Sementara itu tiga penendang PSMS yang gagal adalah Reinaldo Lobo, Sadney Urikhob dan Frets Butuan. PSMS pun keluar sebagai pemenang pada laga ini.


PSMS akan menunggu pemenang antara Persija Jakarta kontra Mitra Kukar yang baru akan bertanding Minggu (4/2/2018). Babak semifinal akan menggunakan sistem kandang-tandang pada 10 dan 13 Februari.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Adryan N