Pantau Flash
Video Polisi Cina di Indonesia, Cek Faktanya
Layanan SIM Keliling di Jakarta Tetap Buka, Ini Lokasinya
Dua Truk Saling Hantam di Depan Balai Kartini, Ada Korban Tewas
Fadli Zon Ujug-ujug Nyanyi Lagu Sunda, Sindir Pejabat Haus Kuasa
Ditlantas Polda Bantah Berikan Pelat Polri untuk Arteria Dahlan

WADA Menyetujui Reformasi untuk Meningkatkan Representasi Atlet

WADA Menyetujui Reformasi untuk Meningkatkan Representasi Atlet Ilustrasi. (Foto: WADA)

Pantau.com - Badan Anti-Doping Dunia (WADA) menyetujui reformasi yang dirancang untuk memberi atlet lebih banyak perwakilan dalam proses pengambilan keputusan.

Perubahan ini mencakup nama dari semula Komisi Atlet WADA menjadi Dewan Atlet WADA. Jumlah anggotanya juga bertambah dari 12 menjadi 20 atlet, termasuk lima yang ditunjuk oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Komite Paralimpiade Internasional (IPC).

Delapan atlet akan dipilih oleh Komisi Atlet Federasi Internasional, sementara tujuh lainnya akan dipilih oleh panel penunjukan yang terdiri atas mayoritas atlet.

Ini menandai perubahan signifikan pada komposisi Komite Atlet WADA saat ini, yang anggotanya ditunjuk oleh organisasi itu sendiri. Dilansir Reuters, Jumat (26/11/2021), langkah ini dilakukan setelah atlet dari sejumlah olahraga di seluruh dunia mengatakan mereka tidak cukup terwakili di lembaga tersebut.

"Sangat bagus bahwa semua pemangku kepentingan mendukung gerakan ini dan pemerintah dunia sepenuhnya mendukung reformasi pemerintahan ini," kata Presiden WADA Witold Banka dalam konferensi pers setelah pertemuan di Paris.

Selain itu, Dewan Etik independen juga akan dibentuk, sementara proyek percontohan untuk ombudsman atlet, yang akan memberikan saran gratis kepada atlet tentang masalah anti-doping, juga akan dilaksanakan.

Laporan akhir tentang reformasi akan dipresentasikan pada pertemuan Dewan Yayasan berikutnya di Kairo pada Mei 2022.

Tim Pantau
Editor
Adryan N
Penulis
Adryan N

Berita Terkait: