Pantau Flash
Lantik PAW Anggota MPR RI, Bamsoet Ingatkan Pentingnya PPHN
Di Tengah Hujan Lebat, Presiden Joko Widodo Tinjau Banjir di Kabupaten Banjar
Ayahanda Meninggal, Pembacaan Pleidoi Jaksa Pinangki Ditunda
Dituduh Selundupkan Minyak, 5 WNI Akhirnya Bebas dari Penjara Iran
Hujan Lebat dan Sungai Meluap, Ratusan Rumah di Cirebon Terendam Banjir

YLKI Sebut KPAI Bukan Minta Audisi PB Djarum Diberhentikan, tapi...

YLKI Sebut KPAI Bukan Minta Audisi PB Djarum Diberhentikan, tapi... KPAI (Foto: Antara)

Pantau.com - Yayasan Perlindungan Konsumen Indonesia (YLKI) menilai Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Yayasan Lentera Anak Indonesia tidak meminta audisi pencarian bakat atlet badminton PB Djarum dihentikan, mereka hanya meminta perusahaan rokok terbesar di Indonesia itu mengganti logo mereka.

"KPAI dan Yayasan Lentera Anak Indonesia bukan meminta menghentikan audisinya. Mereka meminta audisi tersebut tidak melibatkan logo merek rokok," kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (9/9/2019).

Baca Juga: KPAI Buat PD Djarum Stop Audisi Bulutangkis, #PBDjarumJanganPamit Menggema

Tulus menilai, penggunaan logo Djarum pada ajang pencarian bakat atlit badminton itu melanggar regulasi yang ada yakni PP No. 109/2012.

"Apa pun alasannya logo tersebut adalah citra dari produk tersebut adalah rokok, meski berkedok yayasan," ungkapnya.

Menurutnya, memang di dalam praktik olahraga di level internasional sekali pun termasuk di dalam bulu tangkis, dilarang untuk melibatkan industri rokok dalam bentuk apa pun termasuk juga pencarian bakat anak-anak.

Sementara itu YLKI juga mengaku heran dengan sikap Menpora Imam Nahrawi. Ia pun mengaku mengkritik keras sikap Menpora yang justru mendukung audisi tersebut dengan sponsor PB Djarum.

"Audisi untuk mencari bibit unggul di bidang bulu tangkis adalah hal yang positif, namun melibatkan industri rokok dan anak sebagai objeknya adalah tindakan yang tidak pantas dan melanggar regulasi," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, PB Djarum mengumumkan akan menghentikan audisi umum bulutangkis pada 2020, sehingga penyelenggaraan tahun ini akan jadi yang terakhir.

Baca Juga: Infografis Fakta Pamitnya Audisi Umum Bulutangkis PB Djarum

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin menegaskan bahwa pihaknya menghentikan proses audisi umum beasiswa bulutangkis pada 2020 karena berbagai alasan dan bersifat final.

"Kalau sekarang ini saya jawab iya, final, tahun 2019 ini akan menjadi audisi terakhir," katanya di sela audisi umum beasiswa bulu tangkis PB Djarum di GOR Satria, Purwokerto, Jawa Tengah.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Widji Ananta

Berita Terkait: