Volkswagen China akan Hentikan Produksi Mobil Manual

Headline
volkswagen - pantau.comdok istimewa

PantauOto – SAIC Volkswagen, sebuah perusahaan patungan VW di China, dikabarkan akan segera menghentikan produksi kendaraan bertransmisi manual.

Hal itu akan dimulai pada Maret 2023 mendatang. Setelah pemberhentian produksi itu, perusahaan juga dikabarkan akan memulai proses penutupan operasi terkait likuidasi aset.

Mengutip CarsCoops, Jumat (18/1/2022), dalam bunyinya, surat itu menegaskan bahwa keputusan itu diambil karena pasar kendaraan yang bertransformasi dengan cepat di China.

Berbagai teknologi baru juga bermunculan seperti hibrida plug-in yang hampir secara eksklusif menggunakan transmisi otomatis dan kendaraan listrik yang sebagian besar tidak memerlukan transmisi sama sekali. Sehingga kebutuhan akan transmisi manual akan segera ditinggalkan.

SAIC Volkswagen saat ini hanya menawarkan transmisi tersebut pada sejumlah kendaraan, di antaranya Santana, Lavida, dan Polo. Tidak jelas apakah keputusan ini akan mempengaruhi dua merek lain yang dioperasikan oleh perusahaan patungan tersebut, Audi dan Skoda.

Dalam kasus ini, China bukan satu-satunya negara yang memiliki kurang minat dalam transmisi manual. Pilihan tersebut dengan cepat menghilang dari kendaraan di seluruh dunia, karena SUV dan crossover yang lebih besar mengambil alih dari sedan dan hatchback.

Transmisi otomatis telah meningkat dan teknologi telah berkembang, mendorong transmisi manual kehilangan pangsa pasar yang signifikan.

Tim Pantau
Penulis
Fadly