Banjir Rendam Ratusan Rumah di Tapanuli Selatan

Headline
Sejumlah rumah warga di Desa Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan terendam banjir akibat tingginya intensitas hujan yang menyebabkan Sungai Batang Toru dan sungai-sungai sekitarnya meluap (ANTARA/HO)Sejumlah rumah warga di Desa Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan terendam banjir akibat tingginya intensitas hujan yang menyebabkan Sungai Batang Toru dan sungai-sungai sekitarnya meluap (ANTARA/HO)

Pantau – Ratusan rumah di sejumlah desa di Kecamatan Angkola Sangkunir, Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara (Sumut) terendam banjir akibat tingginya curah hujan sehingga menyebabkan air Sungai Batang Toru meluap.

“Sedikitnya 400 rumah warga terdampak,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapsel, Umar Halomoan, di Sipirok, Jumat (18/11/2022).

“Bersama Polres Tapsel, Kodim 0212/TS, kita terus memantau perkembangan banjir Angkola Sangkunur yang naik hingga melebihi pinggang orang dewasa,” sambungnya.

Bagi masyarakat yang sedang mengungsi ke tempat-tempat yang aman Pemkab Tapsel telah memasang sejumlah tenda pengungsian.

“Lokasi ini memang kerap dilanda banjir setiap tahunnya utamanya saat musim hujan,” tambah Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Tapsel, Hotmatua Rambe.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumut dalam pemutakhiran peringatan cuaca per 18 November 2022 sudah mengingatkan lebih dulu bahwa Angkola Sangkunur salah satu dari sejumlah kecamatan di Tapsel yang diprakirakan dilanda hujan sedang – deras.

“Karenanya kami minta masyarakat yang berdiam di lokasi-lokasi rawan banjir dan longsor agar berhati-hati terhadap situasi dan kondisi cuaca yang kurang bersahabat tersebut,” pungkasnya.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Penulis
Khalied Malvino