Hendak Masuk Jalan Tol, Sukkro Malah Nyasar ke Sawah Gegara Gunakan Google Maps

Headline
Pengendara mobil nyasar ke area persawahan karena menggunakan Google Maps. (Foto: Tangkapan layar)

Pantau – Chriss Sukkro (65) nyasar ke area persawahan di Dusun Kedungboto, Desa Balongsari, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur saat ingin menuju jalan tol menggunakan Google Maps.

Sukkro diketahui berkendara seorang diri dari Kabupaten Tulungagung pukul 14.00 WIB, Minggu (31/7/2022). Sukkro mengendarai mobil Isuzu Panther berpelan nomor L-1822-NT. Sukkro mengaku akan pulag ke Jalan Simpang Darmo Permai, Sambikerep, Surabaya.

Sukkro mengungkapkan, ia melintasi jalur Pare, Kediri untuk masuk tol. Sukkro menggunakan Google Maps lantaran belum pernah melalui jalan tol Kertosono, Nganjuk.

“Saya buka GPS karena belum pernah lewat Tol Kertosono,” kata Sukkro, Senin (1/8/2022).

Sukkro awalnya tak merasa heran karena dalam perjalanan melintasi jalan tol tanpa kendala apapun. Kurang lebih 15 menit sebelum nyasar ke sawah, Sukkro mengaku melewati jalan pedesaan beraspal dengan pemandangan sawah di sebelah kanan dan kiri.

“Saya baru sadar ketika mobil saya terguncang, wah lewat polisi tidur kok saya tidak melihat. Habis itu mobil berhenti, waduh mobil saya rusak. Setelah sadar saya di tengah sawah,” terangnya.

“Sebelum sadar kalau tersesat, 15 menit saya lewat jalan pedesaan beraspal, kanan kirinya sawah. Saya melaju kecepatan 60 km per jam,” ungkapnya.

Bukan akses jalan tol yang ia dapat, Sukkro justru tersesat di lingkungan persawahan sekitar pukul 18.15 WIB. Ia mengaku kebablasan cukup jauh dari pintuk masuk menuju jalan tol.

“Saya berdoa kepada Allah SWT supaya diberi pertolongan secepatnya. Kemudian saya hubungi beberapa kenalan saya,” jelasnya.

Kejadian janggal ini mengakibatkan roda depan sisi kiri mobil Sukkro bocor. Anggota Polsek Megaluh datang ke lokasi untuk membantunya. Setelahnya, warga sekitar berdatangan ke lokasi ikut membantu.

“Mungkin karena saya kecapekan, terus perut saya lapar, rencana saya mau istirahat di rest area (jalan tol) sambil makan malam. Tidak ada yang janggal, semuanya normal-normal saja. Jalanan mulus, kencang saja,” ungkapnya.

Setelah dievakuasi dari jalan tengah sawah, Sukkro dan mobilnya dibawa ke Mapolsek Megaluh. Ia menenangkan diri di kantor polisi sambil menunggu mobilnya diperbaiki.

Tim Pantau
Editor
Khalied Malvino