Kronologi Pembongkaran 20 Ruko yang Memakan Badan Jalan di Pluit

ruko makan jalan pluit satpol pp - pantau.com(Foto: istimewa)

Pantau– Ruko yang memakan badan jalan di Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara (Jakut) telah dibongkar. Pembongkaran dilakukan petugas gabungan dari Pemprov DKI Jakarta.

Pembongkaran ruko di Jalan Niaga Blok Z Itara dilakukan sekitar pukul 09.13 WIB. Pembongkaran dilakukan karena bangunan tersebut melanggar aturan.

Beberapa jam sebelum pembongkaran, pengunjung masih ramai datang ke toko. Sejumlah mobil juga tampak parkir di depan ruko yang memakan badan jalan itu.

Satpol PP DKI diketahui memberikan tenggat kepada pemilik ruko untuk membongkar bagian bangunan yang melanggar aturan hingga Selasa, 23 Mei kemarin. Sebanyak tiga ruko sudah membongkar secara mandiri.

Pada pukul 08.50 WIB, petugas mulai datang, sekitar 200 personel gabungan diturunkan untuk membongkar bangunan yang melanggar aturan.

Sebelum melakukan pembongkaran, petugas tampak menyisir tiap-tiap bangunan dan meminta kepada pemilik kendaraan yang parkir di depan ruko untuk memindahkan mobilnya.

Pantauan pukul 09.13 WIB, petugas mulai menurunkan alat-alat untuk pembongkaran. Petugas menggunakan jack hammer untuk menghancurkan beton di badan jalan.

Pada saat pembongkaran itu, pemilik ruko dan karyawan sempat melakukan demo. Spanduk penolakan pun dibentangkan. Meski ada penolakan, petugas tetap menertibkan bangunan yang melanggar aturan itu.

Satpol PP menyebut ada 20 bagian ruko yang dibongkar. Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan pembongkaran dilakukan sampai tuntas.

Tim Pantau
Editor
Wira Kusuma
Penulis
Wira Kusuma