Ramai-ramai Deretan Klub Liga Eropa hingga Para Pesepakbola Tersohor Sampaikan Dukacita Tragedi Kanjuruhan

Headline
Sejumlah penonton membawa rekannya yang pingsan akibat sesak nafas terkena gas air mata yang ditembakkan aparat keamanan saat kericuhan usai pertandingan sepak bola BRI Liga 1 antara Arema melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/pras.Sejumlah penonton membawa rekannya yang pingsan akibat sesak nafas terkena gas air mata yang ditembakkan aparat keamanan saat kericuhan usai pertandingan sepak bola BRI Liga 1 antara Arema melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/pras.

Pantau – Sederet klub top Liga Eropa hingga para pesepakbola tersohor luar negeri mengirimkan dukacita mendalam Tragedi Kanjuruhan. Pesan ini disampaikan melalui laman media sosial masing-masing.

Melalui media sosial resminya, Manchester United hingga Liverpool menyampaikan belasungkawa. Rasa belasungkawa ini disampaikan lantaran banyaknya korban jiwa meninggal dunia, hingga hampir 180 orang berdasarkan data dari BPBD Jatim.

“Manchester United sangat berduka atas tragedi di Malang, Indonesia. Kami mengirimkan belasungkawa tulus kami kepada para korban, keluarga mereka, dan semua orang yang terkena dampak,” tulis Manchester United.

“Kami sangat sedih mengetahui peristiwa di Malang di Stadion Kanjuruhan Indonesia hari ini,” tulis Arsenal.

“Doa kami bersama para korban yang terkena dampak,” tulis Man City.

“Kami sangat sedih mendengar kejadian di Stadion Kanjuruhan, Malang, Indonesia. Semua orang di Liverpool Football Club bersama dengan semua yang terkena dampak saat ini,” tulis Liverpool.

Laliga heningkan cipta

Selain Liga Primer Inggris, Spanyol yang memiliki dua kekuatan besar, yakni Real Madrid dan Barcelona juga menyampaikan belasungkawa mendalam. Melalui situs resmi Laliga Spanyol, otoritas bakal mengheningkan cipta untuk mendoakan para korban Tragedi Kanjuruhan selama satu menit sebelum kick-off laga di mulai.

“Laliga dan RFEF telah menyepakati untuk mengheningkan cipta selama satu menit untuk menunjukkan belasungkawa kepada masyarakat Indonesia, terutama kerabat mereka yang meninggal dalam tragedi Stadion Kanjuruhan, di pulau Jawa, serta mendoakan agar mereka yang terluka cepat sembuh” tulis keterangan Laliga.

“Mengheningkan cipta akan dilakukan di semua pertandingan yang masih akan dimainkan pada matchday 7 LaLiga dan matchday 8 LaLiga,” tambahnya.

Sergio Ramos tersayat hatinya

Bek top dunia yang kini merumput di Paris-Saint Germain (PSG) juga turut berduka cita atas Tragedi Kanjuruhan. Mantan bek Real Madrid ini merasa tersayat hatinya.

“Menyayat hati. Kami bersama para korban dan keluarga mereka,” cuitnya yang disertai emoji bendera merah putih Indonesia.

Doa Mesut Oezil untuk Indonesia

Tak hanya Sergio Ramos, pemain timnas Jerman berkebangsaan Turki yang belum lama ini singgah ke Indonesia, Mesut Oezil mengirimkan doa melalui postingan Twitter resminya.

Oezil mengunggah tulisan duka cita dalam bahasa Indonesia untuk korban Tragedi Kanjuruhan. Seperti diketahui, Oezil memang memiliki kedekatan khusus dengan para fansnya di Indonesia.

“Turut berbelasungkawa untuk semua korban meninggal dalam peristiwa di Malang, Indonesia. Saya berdoa untuk para korban semoga ditempatkan di tempat yang paling mulia di sisi TUHAN,” tulis Oezil disertai dengan menambahi emoji patah hati, berdoa, dan bendera Indonesia.

Tim Pantau
Editor
Khalied Malvino
Penulis
Khalied Malvino