98 Orang KPUD Terdaftar jadi Anggota Partai Politik

Pantau – Hampir 100 orang penyelenggara Pemilu di berbagai daerah terdaftar sebagai anggota partai politik (Parpol) hingga Rabu (3/8/2022). Namun keanggotaan itu diklaim tidak berdasar.

“Ada 98 orang penyelenggara pemilu di daerah (komisioner dan atau sekretariat KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota) yang telah menyampaian pengaduan bahwa nama-nama mereka ada di dalam daftar keanggotaan partai politik yang ada di dalam aplikasi SIPOL,” kata Komisioner KPU Idham Holik dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (4/8/2022).

Menurut Idham, 98 orang itu tersebar di 22 provinsi. Adapun rinciannya ialah 4 orang personalia sekretariat KPU Provinsi unsur PPNPN, 22 orang komisioner KPU Kabupaten/Kota, dan 72 orang personalia sekretariat KPU Kab/Kota.

“Menurut mereka, (98 orang itu) tidak pernah menyampaikan permohonan pemrosesan penerbitan KTA (kartu tanda anggota) partai politik,” ungkap Idham.

Meski demikian, Idham enggan membeberkan daftar parpol yang mencatut nama para penyelenggara pemilu. Idham menegaskan, pihaknya akan mengklarifikasi ke parpol terkait.

Tim Pantau
Editor
Muhammad Rodhi