Gerindra dan PKB Kompak Daftar ke KPU 8 Agustus 2022

Headline
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (kanan) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) memberikan keterangan kepada media usai melakukan pertemuan di Kertanegara, Jakarta, Sabtu (18/6/2022). Dalam pertemuan tersebut, Gerindra dan PKB bersepakat bekerja sama menyiapkan Pileg, Pilpres dan Pilkada di Pemilu 2024 mendatang. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/wsj.

Pantau – Partai Gerindra dan PKB berencana mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 8 Agustus 2022 setelah registrasi partai politik (parpol) dibuka pada Senin (1/8/2022).

“Kami daftar tanggal 8 (Agustus),” kata Ketua Harian DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad hari ini.

“Jam 15.00 WIB. Kira-kira begitu,” lanjut dia.

PK juga menyatakan akan mendaftar ke KPU sebagai peserta Pemilu 2024 di tanggal yang sama dengan Partai Gerindra. Hal itu dikatakan Ketua DPP PKB Daniel Johan.

“Yang saya paham jadwalnya (PKB mendaftar) 8 Agustus,” kata Daniel.

Sebelumnya diberitakan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan akan membuka pendaftaran partai politik (parpol) jelang Pemilu 2024 mulai 1 hingga 14 Agustus 2022. Keputusan ini tertuang dalam Pengumuman KPU RI yang ditandatangani Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari.

“KPU membuka pendaftaran partai politik calon peserta pemilu 2024,” demikian bunyi pengumuman tersebut, Jumat (29/7/2022).

Hasyim memaparkan, pembukaan pendaftaran ini berdasarkan amanat UU nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu yang mewajibkan KPU melaksanakan pada 18 bulan sebelum hari pemungutan suara.

“Sesungguhnya begitu masuk jam 00.00 WIB tadi malam, sudah masuk tanggal 29 (Juni), dan kami sudah mengumumkan melalui laman KPU dan Medsos yang dimiliki KPU dan di papan pengumuman KPU,” imbuhnya.

Hasyim menambahkan, selama lima bulan ke depan KPU bakal menjalani sederet kegiatan yang sudah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU).

“Sebagaimana yang telah ditentukan dalam Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Jadwal, Tahapan, Program Kegiatan Pemilu 2024, dan Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2022 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penatapan Parpol Peserta Pemilu Tahun 2024,” kata Hasyim.

Hasyim merinci sejumlah kegiatan selama lima bulan ke depan antara lain pendaftaran, verifikasi, dan penetapan parpol.

“Itu durasinya mulai tanggal 1 sampai 14 Agustus, dilanjutkan verifikasi administrasi, dan bagi yang lolos dilanjutkan verifikasi faktual,” paparnya.

“Pada akhirnya, penetapannya (parpol peserta Pemilu Serentak 2024) pada 14 Desember 2022,” tandas Hasyim.

Tim Pantau
Editor
Khalied Malvino