Koalisi Semut Merah Batal, PKS Mulai ‘Digoda’ Gabung KIB

Headline
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu. (Foto: Antara/HO-Humas PKS)Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu. (Foto: Antara/HO-Humas PKS)

Pantau – Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyambut ajakan Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) untuk masuk ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Syaikhu menyebut PKS masih belum menentukan sikap terkait ajakan Zulhas itu.

Syaikhu mengatakan, tak hanya dengan KIB, PKS juga masih membuka jalur komunikasi dengan partai politik (parpol) lain untuk berkoalisi jelang Pemilu 2024.

“Nanti dengan koalisi-koalisi kami masih membangun komunikasi, bukan hanya dengan KIB. Dengan yang lain juga membangun komunikasi,” kata Syaikhu di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2022).

“Jadi masih penjajakan, mudah-mudahan nanti akan semakin mengerucut dan ketemu jodohnya,” imbuh dia.

Syaikhu mengumpamakan koalisi seperti perahu, jika dirasa aman, maka PKS akan membahasnya lebih lanjut. Termasuk pembahasan capres-cawapres di Pemilu 2024.

“Termasuk dengan Nasdem dan Demokrat. Jadi dalam pertemuan pembahasan koalisi ini masih penjajakan. Masih sifatnya kita menyiapkan perahu terlebih dahulu,” ungkap dia.

“Kalau perahu sudah aman artinya sudah memenuhi parliamentary threshold 20 persen baru kita akan bahas bersama (soal capres dan cawapres),” sambung dia.

Tim Pantau
Editor
Khalied Malvino