Picunang Ungkap Dinamika Internal Partai Berkarya Tak Pernah Padam!

Headline
Partai Berkarya (Ilustrasi: Pantau.com/Fery Heryadi)Partai Berkarya (Ilustrasi: Pantau.com/Fery Heryadi)

Pantau – Partai Beringin Karya (Berkarya) dinyatakan tidak lolos sebagai peserta Pemilu 2024 oleh KPU RI. Berkarya merupakan satu dari 16 partai politik (parpol) yang tak lolos verifikasi parpol di KPU RI.

Sekjen Partai Berkarya, Badaruddin Andi Picunang membeberkan rasa kecewanya di internal partai. Pasalnya, dinamika internal di Partai Berkarya tak pernah padam.

“Dinamika internal ini tak pernah padam. Kita dipecah-pecah dan diadu domba,” ungkap Picunang kepada Pantau.com, Selasa (16/8/2022).

Sebelumnya diberitakan, Komisioner KPU RI Idham Holik mengumumkan bahwa 16 partai politik (parpol) tidak bisa ikut Pemilu 2024 lantaran berkas yang tidak lengkap setelah pendaftaran parpol peserta Pemilu ditutup pada 14 Agustus 2022.

KPU sebelumnya mengatakan, ada 40 parpol yang mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024. Namun, dari sekian banyak yang mendaftar, 16 parpol tak bisa ikut Pemillu 2024.

“Tadi siang kami baru selesai pemeriksaan berkas yang memberi berkas fisik. Keenam belas parpol yang dokumennya tidak lengkap kami kembalikan,” ujar Holik dalam konferensi pers, Selasa (16/8/2022).

Sebelumnya ada 24 parpol yang berkas pendaftarannya diterima dan dinyatakan lengkap. Saat ini, KPU tengah melanjutkan proses verifikasi administrasi parpol tersebut.

“Total 24 parpol yang dokumen pendaftarannya diterima dan dinyatakan lengkap dan lanjut proses verifikasi administrasi,” ucap Idham.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyampaikan berkas yang tidak lengkap tidak bisa didaftarkan sebagai parpol peserta Pemilu 2024.

“Dokumen tidak lengkap dan tidak dapat didaftar,” katanya.

Berikut ini daftar 16 parpol yang tak bisa ikut Pemilu 2024:

1. Partai Reformasi
2. Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai)
3. Partai Demokrasi Rakyat Indonesia (PDRI)
4. Partai Kedaulatan Rakyat
5. Partai Berkarya
6. Partai Indonesia Bangkit Bersatu
7. Partai Pelita
8. Partai Kongres
9. Partai Karya Republik (PAKAR)
10. Partai Bhineka Indonesia
11. Partai Pandu Bangsa
12. Partai Perkasa
13. Partai Masyumi
14. Partai Damai Kasih Bangsa
15. Partai Pemersatu Bangsa
16. Partai Kedaulatan

Tim Pantau
Editor
Khalied Malvino