Rajin Tebar Sanjungan-Pujian, PKS dan Demokrat ‘Lamban’ Capreskan Anies Baswedan

Headline
Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu (kanan) menyapa Sekretaris Jenderal Partai Nasional Demokrat (NasDem) Johnny G Plate (dua kiri)Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu (kanan) menyapa Sekretaris Jenderal Partai Nasional Demokrat (NasDem) Johnny G Plate (dua kiri)

Pantau – Dua partai politik yang disebut akan berkoalisi dengan NasDem, PKS dan Demokrat masih malu-malu atau lamban menentukan Anies Baswedan sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Kedua partai ini masih sebatas menebar pujian dan sanjungan untuk Anies.

PKS, misalnya. Partai ini memuji sosok Anies yang pantas menjadi Presiden RI.

“PKS memandang bahwa figur Bapak Anies Rasyid Baswedan adalah salah satu tokoh nasional yang memiliki rekam jejak kepemimpinan yang baik, berjiwa nasionalis religius, memiliki kapasitas untuk memimpin bangsa dan mampu menjadi simbol perubahan untuk Indonesia di masa mendatang,” kata Presiden PKS Presiden PKS Ahmad Syaikhu dalam keterangannya, Senin (3/10/2022).

PKS mengapresiasi keputusan NasDem mencalonkan Anies di Pilpres 2024. Namun PKS masih belum bersikap terkait sosok yang akan diusung nanti.

Pula Partai Demokrat. Partai yang dipimpin Agus Harimurti Yudhyono (AHY) ini mengakui selaras dengan nilai yang dimiliki Anies.

“Sejauh ini rekam jejak Anies Baswedan memiliki keselarasan dengan nilai-nilai yang selama ini Demokrat perjuangkan dan Mas Anies maupun Mas AHY memiliki hubungan cukup baik dan cukup dekat,” kata Kepala Bamkostra PD Herzaky Mahendra Putra di Kantor DPP Demokrat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Senin (3/10/2022).

Sebelumnya, NasDem sudah mencapreskan Anies. NasDem partai pertama yang mendeklarasikan capres 2024.

Tim Pantau
Editor
Muhammad Rodhi
Penulis
Muhammad Rodhi