Pantau Flash
Siap-siap, Beli Ponsel di Atas Rp7 Juta dari Luar Negeri Wajib Daftar IMEI
Arab Saudi Stop Umrah, Hidayat Nur Wahid: Baik Dilakukan untuk Cegah Korona
Lion Air Jemput 13.000 Jamaah Umrah Kembai ke Indonesia
Bank Indonesia Yakin Ekonomi Membaik di Semester II-2020
Lion Air Hentikan Sementara Penerbangan Umrah ke Arab Saudi

5 Hal Ini Akan Terjadi pada Tubuh Kamu Jika Minum Kopi Setiap Hari

5 Hal Ini Akan Terjadi pada Tubuh Kamu Jika Minum Kopi Setiap Hari Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Saat ini kopi menjadi salah satu pilihan favorit untuk anak-anak muda. 

Minuman yang punya beragam varian ini memang bermanfaat untuk tubuh, mulai dari menurunkan risiko terkena penyakit hati, kanker sampai diabetes tipe 2.

Dilansir dari The Healthy, berikut 5 hal yang terjadi pada tubuh Anda jika mengkonsumsi kopi setiap harinya.

1. Mengurangi risiko kanker

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Menurut Beth Witherspoon, konsultan dan ahli diet yang terdaftar dalam Community Coffee Company menyebutkan bahwa mengkonsumsi 3-5 cangkir kopi dapat mengurangi risiko kenaikan diabetes tipe 2, dan penurunan risiko penyakit parkinson, demensia, sirosis hidup, dan kanker tertentu, termasuk hati dan endometrium.

Para ahli bahkan menyebut kopi sebagai 'keajaiban obat' karena kemampuannya untuk mencegah penyakit tersebut. Janet Rixh Pittman, spesialis pencegahan demendia dan penasihat kesehatan senior, yang dikenal sebagai The Brain Nerd, mengatakan bahwa pada dasarnya kopi dapat membantu hidup lebih lama.

Baca juga: Infografis Adu Manfaat Kopi vs Teh, Lebih Sehat Mana?

2. Mood yang Stabil

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Selain mencegah penyakit, kandungan kafein kopi secara langsung berhubungan dengan otak Anda. Efek ini terutama terlihat pada tingkat rendah konsumsi (sekitar 75 mg). Menurut Witherspoon, kafein memiliki efek dengan tindakan positif pada otak, termasuk peningkatan kewaspadaan mental dan perhatian, membantu konsentrasi, dan meningkatkan suasana hati.

Peningkatan suasana hati itu kemudian akan menurunkan tingkat depresi, menurut AARP, kopi juga dapat mengurangi risiko bunuh diri. Sebuah studi 2013 oleh Harvard School of Public Health menemukan bahwa mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memotong risiko bunuh diri 45 persen --karena efek stimulan kafein membantu meningkatkan suasana hati orang.

3. Meningkatkan retensi memori

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Menurut jurnal Nature Neuroscience, peningkatan kinerja kafein setelah 24 jam menyimpulkan bahwa kafein meningkatkan konsolidasi memori jangka panjang pada manusia.

Namun, penting dicatat bahwa kelebihan kafein juga tidak baik dan belum terbukti memiliki dampak positif pada produktivitas.

Baca juga: Penting Lakukan Detoks Kopi, Ini 4 Manfaatnya!

4. Berdampak negatif jika berlebihan

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Jika mengkonsumsi kopi berlebihan, beberapa individu mungkin mengalami efek samping negatif, seperti kecemasan, panik, tidur yang gelisah, insomnia, dan ketergantungan kafein. Menurut American Heart Association, efek berlebih kafein akan terjadi 12 hingga 24 jam setelah mengkonsumsi kafein terakhir.

Gejala paling menonjol adalah sakit kepala. Konsumsi berlebih kafein juga dapat menyebabkan kemungkinan kematian. Studi juga menunjukkan bahwa dosis mematikan kafein dikonsumsi dalam satu hari adalah 100 (8 oz) cangkir; ini bervariasi untuk setiap orang.

5. Tekanan darah meningkat

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Tekanan darah Anda mungkin meningkat-tetapi tidak ada efek negatif jangka panjang. Menurut dietvsdisease.org, faktor diet utama terkait dengan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung, biasanya berkontribusi pada kekakuan pembuluh darah.

Namun, lonsumsi kopi biasa, bagaimanapun, diamati tidak memiliki pengaruh berbahaya seperti pada pembuluh darah. 

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: