Pantau Flash
Menparekraf Perluas Program Penyediaan Akomodasi Nakes dan Hotel Isolasi
Bamsoet Disuntik Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua
Total Kasus Positif COVID-19 RI Capai 1.037.993 per 28 Januari 2021
Dua Kantor Swasta di Surabaya Terapkan Denda Rp250 Ribu bagi Karyawan Tak Pakai Masker
Jenderal Wismoyo Arismunandar Tutup Usia, Mantan KASAD dan Ipar Soeharto

10 Cara Mudah Mencegah Timbulnya Jerawat pada Wajah

10 Cara Mudah Mencegah Timbulnya Jerawat pada Wajah Perawatan Wajah. (Foto: iStock)

Pantau.com - Jerawat menjadi musuh banyak orang, terlebih bagi kaum hawa yang mendambakan memiliki kulit wajah mulus dan bebas dari jerawat. Selain dapat mengganggu penampilan, jerawat juga dapat menyebabkan masalah serius pada kulit, salah satunya iritasi. Nyatanya, banyak yang belum sadar kalau penyebab jerawat adalah dari kebiasaan sehari-hari. Sebelum terlanjur berjerawat, alangkah baiknya jika kamu mencegahnya dengan sepuluh cara mudah berikut ini.

1. Rajin Cuci Muka

Cuci wajah sekali atau dua kali sehari menggunakan air hangat dan produk pembersih wajah. Saat membersihkan wajah, gosoklah dengan lembut.  Pastikan juga kamu mencuci muka di malam hari untuk menghapus riasan dan kotoran yang menempel di sepanjang hari.

Baca Juga: Ingat! 5 Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi saat Sedang Lapar

2. Jangan Meremas Jerawat

Jangan sesekali kamu meremas jerawat yang sedang tumbuh, karena akan menyebabkan peradangan lebih lanjut yang nantinya akan membuat jerawat terlihat lebih buruk dan lebih lama sembuh. Perilaku ini juga akan meninggalkan bekas luka pada kulit.

3. Hindari Makanan Olahan

Hindari makanan olahan, karena umumnya makanan olahan mengandung tinggi lemak jenuh dan transfat. Hal itu dapat menyebabkan peningkatan produksi sebum yang memicu munculnya jerawat.

4. Hindari Makanan Berminyak

Hindari makanan berminyak seperti keripik, kentang goreng, karena mengandung minyak jenuh yang meningkatkan kolesterol dalam tubuh, menyebabkan sirkulasi darah yang berdampak buruk dan pada akhirnya dapat memperburuk jerawat.

5. Konsumsi Makanan Serat

Serat memainkan peran penting dalam menyingkirkan racun tubuh. Sereal dan makanan kaya serat dan buah-buahan seperti blueberry bagus untuk mendetoksifikasi tubuh kamu dan membersihkan kulit wajah.

Baca Juga: Rambut Kamu Rontok? Bisa Jadi Karena Kurang Vitamin D

6. Perbanyak Vitamin A

Sertakan vitamin A dalam menu makanan kamu, karena vitamin A merupakan sumber corotenoids. Wortel, pepaya, bayam, jus tomat adalah sumber yang kaya corotenoids.

7. Kurangi Konsumsi Gula

Makanan manis memang selalu menggoda, namun sayangnya makanan yang tinggi gula akan mempercepat pertumbuhan jamur dan bakteri. Cara mencegah jerawat yang paling mudah tentunya dengan mengurangi konsumsi gula.

8. Kurangi Penggunaan Makeup

Jangan terlalu sering menggunakan make up, apalagi pada kulit yang sedang berjerawat. Jika terpaksa harus menggunakan make up, gunakan produk non-comedogenic dan non-iritasi, karena bisa meminimalisir timbulnya jerawat.

9. Kendalikan Stres

Jerawat bisa bermunculan ketika seseorang sedang dilanda stres akibat hormon tubuh yang tidak seimbang. Untuk mencegah jerawat hormon datang menyerang, kendalikan tingkat stres dengan melakukan hal apapun yang bisa membuat kamu bahagia.

10. Rajin Olahraga

Olahraga bisa membantu mengurangi stres yang sering membuat jerawat bermunculan. Selain itu, aktivitas fisik juga dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga kulit menerima lebih banyak oksigen dan nutrisi yang menjaganya tetap sehat dan mencegah jerawat.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - ANU

Berita Terkait: