Pantau Flash
Bayi 50 Hari Asal Cirebon Positif Korona Usai Diajak Orangtua ke Hajatan
Update COVID-19 di Indonesia: Jumlah Positif 30.514, Pasien Sembuh 9.907
KSP: Pemerintah Berhati-hati dan Tetap Waspada Memasuki Era New Normal
Meutya Hafid: Kepemimpinan Penerapan New Normal Tetap di Pemerintah Sipil
KPU dan Kemendagri Sedang Siapkan Protokol Kesehatan Tahapan Pilkada 2020

10 Fakta Sains yang Tidak Pernah Kamu Pelajari di Sekolah

10 Fakta Sains yang Tidak Pernah Kamu Pelajari di Sekolah Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Ada banyak hal yang dipelajari di sekolah. Namun, ternyata ada lebih banyak hal lagi yang kita pelajari di luar sana. Sekolah memang mengajarkan banyak hal tentang matematika, bahasa, bahkan sains.

Tapi tak semua fakta tentang sains bisa Anda dapatkan di sekolah. Dilansir Readers Digest, berikut adalah fakta-fakta tentang sains yang tidak Anda dapatkan saat belajar di sekolah.

Baca juga: 5 Fakta Mencengangkan Tentang Bumi yang Jarang Diketahui Publik

1. Perut manusia bisa melarutkan pisau cukur

Ilustrasi (Shutterstock)

Tubuh manusia memiliki kemampuan dari yang kamu pikirkan. Asam diberi peringkat pada skala dari 0 hingga 14 — semakin rendah tingkat pH, semakin kuat asam. Asam lambung manusia biasanya 1,0 sampai 2,0, artinya memiliki pH yang sangat kuat. Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa "punggung menebal dari pisau bermata tunggal" atau pisau cukur mampu larut setelah dua jam perendaman dalam asam lambung.

2. Laser bisa terperangkap dalam air

Ilustrasi (Shutterstock)

Ya, benar. Suatu hal yang keren yang disebut refleksi internal total diterapkan ketika mengarahkan sinar laser melalui wadah air. Ketika cahaya bergerak melalui air, ia diperlambat oleh partikel yang lebih berat di dalam air, seperti yang dijelaskan di sini. Dengan demikian, sinar laser secara efektif "terperangkap" di dalam air.

3. Oksigen bumi diproduksi oleh laut

Pernah berhenti untuk berpikir dari mana oksigen berasal? Pikiran pertama kamu mungkin adalah hutan hujan, tetapi organisme laut mengambil umpannya. Plankton, rumput laut dan fotosintesis lainnya menghasilkan lebih dari setengah oksigen dunia.

4. Hewan menggunakan medan magnet Bumi untuk orientasi

Ilustrasi (Shutterstock)

Hewan darat yang hilang mungkin tidak dapat menemukan jalan pulang, tetapi hewan laut mungkin. Menurut Survei Geologi AS (USGS), ada bukti bahwa beberapa hewan, seperti kura-kura laut dan salmon memiliki kemampuan untuk merasakan medan magnet bumi dan menggunakan indra ini untuk navigasi.

5. Awan dapat memiliki berat lebih dari satu juta pound

Ilustrasi (Shutterstock)

Impian masa kecil kamu untuk mengapung di atas awan tanpa bobot mungkin dihujani fakta ini: rata-rata awan kumulus dapat mencapai satu juta pound. Satu juta pound! Itu hampir seberat jet penumpang terbesar di dunia.

Baca juga: 10 Fakta Memukau Tentang Kehidupan di Stasiun Luar Angkasa Internasional

6. Tikus tertawa ketika digelitik


Ilustrasi (Shutterstock)

Makhluk-makhluk ini lebih dinamis dari yang kita kira. Tikus memiliki kemampuan untuk "tertawa" ketika digelitik. Sebuah video National Geographic menunjukkan bahwa tikus merespons positif terhadap gelitik. Dan mereka bahkan mengejar tangan peneliti dengan cara yang menyenangkan.

7. Ada lebih banyak pohon di Bumi daripada bintang di galaksi kita


Ilustrasi (Shutterstock)

Para ahli NASA percaya ada sekitar 100 miliar hingga 400 miliar bintang di galaksi Bima Sakti, menurut Snopes. Namun, sebuah laporan pada 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Nature memperkirakan bahwa jumlah pohon di seluruh dunia jauh lebih tinggi: 3,04 triliun.

8. Oksigen memiliki warna


Ilustrasi (Shutterstock)

Sebagai gas, oksigen tidak berbau dan tidak berwarna. Dalam bentuk cair dan padat, bagaimanapun, oksigen terlihat biru pucat. Beberapa fakta sains benar-benar aneh, bukan?

9. Ada hujan berlian di planet lain


Ilustrasi (Shutterstock)

Penelitian telah meneliti potensi yang dimiliki Neptunus, Uranus, Jupiter, dan Saturnus untuk menghasilkan berlian. Atmosfer di keempat planet memiliki tekanan yang sangat ekstrem sehingga mereka dapat mengkristalisasi atom karbon dan mengubahnya menjadi berlian. Para ilmuwan mampu menciptakan kondisi yang benar di laboratorium untuk membuktikan ini terjadi di Neptunus dan Uranus. Secara terpisah, sekelompok peneliti yang berbeda berspekulasi bahwa mungkin hujan sebanyak 2,2 juta pon berlian di beberapa bagian Saturnus setiap tahun.

10. Pisang bersifat radioaktif


Ilustrasi (Shutterstock)

Untuk salah satu fakta sains paling aneh, pisang mengandung kalium, dan karena kalium meluruh itu membuatnya menjadi radioaktif. Tapi ini adalah salah satu fakta sains menyenangkan yang tidak perlu Anda khawatirkan. Anda perlu makan 10.000.000 pisang sekaligus untuk mati karena keracunan radiasi, demikian menurut laporan Forbes.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: