Pantau Flash
Jaksa Agung Bantah Pernah Komunikasi dengan Djoko Tjandra
PSBB Ketat Jakarta Kembali Diperpanjang 14 Hari
Kasus Positif COVID-19 di RI Capai 262.022, Jumlah Meninggal Dunia 10.105
Febri Diansyah Mundur dari KPK
Idap Kanker Paru Stadium 4, Suami Bupati Bogor Ade Yasin Tutup Usia

10 Makanan Ini Bisa Mengancam Nyawa Jika Salah Mengolahnya

10 Makanan Ini Bisa Mengancam Nyawa Jika Salah Mengolahnya Ilustrasi Makanan Mentah. (Foto: Shutterstock)

Pantau.com - Tidak semua makanan yang terlihat menarik itu menyehatkan bagi tubuh, justru ada beberapa makanan yang menurut kita baik jika di konsumsi, ternyata sangat berbahaya bagi siapapun yang mengonsumsinya, bahkan salah-salah bisa menyebabkan kematian jika tidak benar dalam mengolahnya.

Makanan apa saja yang berbahaya bagi tubuh kita dan bagaimana cara mengolah makanan yang benar agar tidak berbahaya bagi tubuh? Ini dia 10 makanan paling berbahaya yang ada di dunia.

Baca juga: Bukan Hanya Kopi, 5 Makanan Ini Juga Bisa Jadi Mood Booster Lho

1. Jamur Liar


Jamur Liar. (Foto: PlazacCameraman/Getty Images)

Banyak masyarakat awam menganggap jamur liar tidak terlalu berbahaya dengan mengonsumsinya. Tapi tahukah kamu, jika sebenarnya beberapa jamur yang tampak menarik justru adalah jenis yang mematikan. Salah satunya yaitu Jamur Death Cap, bila dikonsumsi, jamur ini dapat menyebabkan sakit perut dan muntah-muntah, bahkan jika dikonsumsi secara berlebih dapat menyebabkan kematian.

2. Fugu (Ikan Buntal)


Ikan Buntal. (Foto: SINOPIX/Rex Features)

Ikan Fugu atau ikan buntal adalah salah satu makanan paling favorit di Jepang, namun makanan lezat ini ternyata sangat mematikan bahkan masuk golongan makanan yang berbahaya. Di Negara Jepang, para koki harus belajar bertahun-tahun untuk tahu cara memotong dan mengolah ikan ini, bahkan harus mempunyai sertifikat lulus tes uji terlebih dahulu. Karena jika salah dalam mengolahnya, ikan ini dapat mengeluarkan racun yang 1.200 kali lebih kuat dari sianida.

3. Bullfrog Afrika


Bullfrog Afrika. (Foto: Tatiana Belova/iStock/Getty Images)

Bullfrog dianggap sebagai makanan lezat di beberapa negara di Afrika. Tapi tahukah kamu, jika katak jenis ini mengandung racun yang sangat berbahaya bagi manusia, terutama jika mengonsumsi katak muda yang belum berkembang biak, karena di dalam tubuh mereka terdapat racun yang dapat menyebabkan gagal ginjal.

4. Gurita Hidup


Gurita Hidup. (Foto: AFP/Getty Images)

Korea menjadi salah satu negara dengan konsumsi gurita terbanyak di dunia. Disana, gurita akan dimakan langsung dalam keadaan hidup, yaitu dengan cara dipotong-potong lalu dibumbui. Cara tersebut dinilai dapat membahayakan karena bisa menyebabkan tentakel penghisap yang masih aktif menyangkut di tenggorokan dan mencekik orang yang mengonsumsinya.

5. Buah Ackee


Buah Ackee. (Foto: david neil madden/Getty Images)

Buah ini banyak di temukan di negara Jamaika dan menjadi salah satu buah favorit disana. Untuk mengonsumsi buah ini harus benar-benar dalam keadaan masak, jika mengonsumsi buah Ackee yang masih muda, ternyata dapat menyebabkan muntah-muntah dan bisa berujung kematian.

6. Buah Pala


Buah Pala. (Foto: thomas jefferson/Getty Images)

Buah yang masuk dalam kategori rempah ini biasanya sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur. Selain itu, di beberapa daerah buah pala juga di buat menjadi manisan.  Tapi tahukah kamu, jika setiap tahunnya ada beberapa kasus keracunan myristicin yang diakibatkan karena mengonsumsi pala secara berlebih. Keracunan myristicin bisa mengakibatkan muntah, halusinasi, jatuh kolaps dan bahkan kematian.

7. Sayur Rhubarb


Sayur Rhubarb. (Foto: Maximilian Stock Ltd./Getty Images)

Rhubarb merupakan salah satu sayuran favorit di negara-negara Asia tengah seperti Cina dan Tibet. Mengolah sayuran ini yang benar adalah dengan memasak batangnya dan membuang daunnya, karena ternyata pada daun Rhubarb tersebut terdapat zat beracun yang bisa membuat kamu hilang kesadaran atau bahkan membunuh kamu jika mengonsumsinya.

8. Buah Elderberry


Buah Elderberry. (Foto: Diane Macdonald/Getty Images)

Selai yang terbuat dari buah Elderberry terkenal lezat, namun jangan coba-coba kamu memakan daun dan bijinya secara langsung, karena pada daun dan biji Elderberry terdapat zat beracun yang dapat membuat seseorang yang mengonsumsinya hilang kesadaran. Oleh karena itu, pilihlah buah Elderberry yang benar-benar matang untuk di konsumsi.

Baca juga: Awas! Makan Gorengan Seminggu 3 Kali, Tingkatan Risiko Jantung dan Stroke

9. Kerang Darah


Kerang Darah. (Foto: Steve Burger/Getty Images)

Meskipun tidak alergi kerang, sebaiknya kamu hindari makanan ini. Karena jika mengonsumsi kerang jenis ini di khawatirkan dapat menyebabkan terkena penyakit hepatitis A, tifus dan disentri, hal tersebut dikarenakan Kerang Darah hidup dan berkembang di lingkungan yang rendah oksigen.

10. Kacang Mete Mentah


Kacang Mete Mentah. (Foto: kurapy11/Getty Images)

Meskipun kamu tidak memiliki alergi terhadap kacang-kacangan, jangan pernah sekali-kali memakan kacang mete dalam keadaan mentah. Hal itu dikarenakan Kacang Mete mentah mengandung zat beracun yang dapat berakibat fatal bagi tubuh manusia.

Tim Pantau
Editor
Kontributor - ANU
Penulis
Kontributor - ANU

Berita Terkait: