Pantau Flash
Sri Mulyani Usul Minuman Manis dalam Kemasan Jadi Objek Cukai
Wabah Virus Korona Dongkrak Harga Emas ke Level Tertinggi
Ketua DPRD Sebut Surat Anies Baswedan Soal Formula E Ilegal
Freeport Keluarkan Kocek 600 Juta Dolar AS untuk Bangun Smelter
Victoria Keluarkan Peringatan Berhati-hati Terhadap WNI Terkait Korona

20 Fungsi Benda Ini Jarang Diketahui Banyak Orang, Kamu Wajib Tau!

20 Fungsi Benda Ini Jarang Diketahui Banyak Orang, Kamu Wajib Tau! Fungsi Pada Benda. (Foto: Istimewa)

Pantau.com - Seringkali kita melihat suatu benda tanpa mengetahui apa fungsi dan tujuan dari benda tersebut dibuat. Padahal, setiap benda atau barang yang diciptakan, pastinya memiliki fungsi dan kegunannya masing-masing, meskipun kadang kala bentuk dan fungsi dari benda tersebut tidak wajar atau malah terkesan aneh dari biasanya. 

Hal yang paling umum kita temui namun tidak menyadari fungsi dari benda tersebut adalah barang yang sering kita pakai sehari-hari, contohnya saja sepatu. Pada sepatu, terutama jenis kets biasanya terdapat dua buah lubang di setiap sisi-sisinya, bukan tanpa maksud lubang itu dibuat, namun ada fungsi khusus yang bermanfaat bagi penggunannya yang mungkin jarang orang mengetahui hal itu.

Selain sepatu, kira-kira benda lain apa saja ya, yang biasa kita temui tapi belum mengetahui apa fungsinya? Yuk simak, 20 fungsi benda yang jarang diketahui banyak orang berikut ini

1. Fungsi Lubang pada Batang Permen


Fungsi Lubang Batang Permen. (Foto: brightside)

Meskipun terlihat sangat sepele, ternyata lubang pada batang permen sengaja di buat untuk menahan permen agar tidak mudah lepas dari batangnya. Hal tersebut berguna saat permen masih dalam bentuk cair atau karamel. Dalam suhu yang masih panas, cairan karamel dapat masuk kedalam lubang batang permen dan menguncinya saat menjadi padat.

2. Fungsi Lubang Tali di Belakang Sepatu


Fungsi Tali Belakang Sepatu. (Foto: brightside)

Ternyata Lubang yang terletak di belakang sepatu memiliki fungsi tersendiri selain untuk memperindah tampilan. Lubang tersebut digunakan untuk menambah ikatan sepatu pada kaki, selain itu lubang belakang sepatu berguna untuk menggantung sepatu ketika akan di jemur.

Baca Juga: 5 Teori Konspirasi Soal Selebriti Dunia yang Akhirnya Terpecahkan

3. Fungsi Busa di Penutup Botol


Fungsi Busa Tutup Botol. (Foto: brightside)

Siapa bilang busa yang ada di balik tutup botol tidak ada manfaatnya, Ternyata banyak lho, selain untuk menjaga kadar air yang ada di dalam botol, busa di balik penutup botol juga berguna untuk mempererat botol dengan penutupnya agar air yang ada dalam botol tidak cepat menguap.

4. Fungsi Lubang Kecil pada Gembok


Fungsi Lubang Gembok. (Foto: brightside)

Biasanya kita sering melihat ada lubang kecil yang terdapat di bawah gembok, namun kita tidak mengetahui fungsi dari lubang tersebut. Ternyata, lubang yang ada di bawah gembok berfungsi sebagai fentilasi untuk menjaga suhu di dalam gembok tetap kering, selain itu lubang tersebut juga digunakan sebagai tempat pelumas supaya gembok tidak cepat macet.

5. Fungsi Gerigi dan Lubang pada Meteran


Fungsi Gerigi Ujung Meteran. (Foto: brightside)

Biasanya, setiap alat ukur atau meteran yang terbuat dari bahan stainles memiliki ujung yang berbentuk gerigi. Ternyata ujung pada meteran tersebut ada manfaatnya lho, yaitu di gunakan sebagai alat penanda pada sebuah benda. Selain itu, bentuk ujungnya yang memiliki lubang berguna sebagai pengait pada paku atau benda lain agar tidak mudah lepas.

Baca Juga: 5 Negara yang Melegalkan Bisnis Jual Beli Istri

6. Fungsi Mode Kontrol pada Jendela Plastik


Mode Kontrol Jendela. (Foto: brightside)

Mode kontrol yang ada pada jendela plastik berfungsi sebagai pengatur aliran udara yang akan masuk kedalam ruangan melalui jendela, hal itu bertujuan agar jendela tersebut bisa di gunakan di setiap musim, baik itu musim dingin maupun musim panas.

7. Fungsi Lubang pada Pegangan Penyedot Debu


Fungsi Lubang Pegangan Penyedot Debu. (Foto: brightside)

Selain berfungsi sebagai aliran udara, lubang-lubang yang ada pada pegangan penyedot debu ternyata dirancang untuk mengurangi daya hisap alat penyedot debu itu sendiri. Hal ini akan berguna saat ada benda yang tersangkut pada sikat atau tabung.

8. Fungsi Pelat Kecil di Bagian Bawah Stapler


Fungsi Plat Bawah Stapler. (Foto: brightside)

Selain berguna sebagai landasan, pelat kecil yang terdapat di bagian bawah stapler ternyata berfungsi untuk melebarkan atau memperpanjang hasil dari stapler dengan cara memutar pelat kecil tersebut 180 derajat. Hal itu sangat berguna sekali saat kita ingin mengencangkan lembaran kertas untuk sementara.

9. Fungsi Bagian Timbul pada Keyboard


Fungsi Timbul Pada Keyboard. (Foto: brightside)

Jika kamu sering mengetik pada papan Keyboard, pasti sering melihat ada tanda khusus yang hanya terdapat pada tombol F dan J, tanda tersebut ternyata berguna sebagai penanda jari telunjuk saat mengetik sepuluh jari.

Baca Juga: Awas Melongo! 10 Tempat Antah Berantah Ini Ternyata Sudah Ada Wi-Fi

10. Fungsi Bagian Timbul pada Sisi Kapas Pembersih


Fungsi Timbul Kapas Pembersih. ((Foto: brightside)

Bagi wanita yang sering menggunakan makeup, mungkin sudah tau fungsi sisi-sisi dari kapas pembersih, namun tidak semua orang tahu mengapa kapas pembersih memiliki permukaan yang berbeda. Ternyata, sisi timbul pada bagian kapas digunakan sebagai oles bedak pada wajah, sedangkan sisi halus berguna untuk membersihkan wajah dan menghilangkan makeup.

11. Fungsi Busa atau Bulu pada Mikrofon


Fungsi Busa Mikrofon. (Foto: brightside)

Bukan tanpa maksud mengapa busa atau bulu diletakan pada ujung sebuah mikrofon. Ternyata, bulu atau busa pada ujung mikrofon berguna sebagai penghambat aliran udara agar tidak masuk kedalam mikrofon. Karena jika banyak udara yang masuk, suara yang dihasilkan menjadi kurang jernih atau terdapat noise.

12. Fungsi Dua Lubang Kecil di Samping Sepatu


Fungsi Lubang Samping Sepatu. (Foto: brightside)

Biasanya lubang tersebut banyak ditemukan pada sepatu jenis kets. Selain mempercantik tampilan sepatu, lubang tersebut ternyata berguna sebagai fentilasi agar suhu di dalam sepatu tetap dingin.

13. Fungsi Saku Kecil dan Kancing Pada Celana Jeans


Fungsi Saku Kecil. (Foto: brightside)

Coba deh perhatikan bagian saku depan di celana jeans kamu, pasti terdapat sebuah saku kecil pada bagian kiri atau kanan dari saku utama. Ternyata, saku kecil tersebut berguna sebagai tempat menyimpan arloji. Sedangkan kancing kecil pada bagian pinggir saku berfungsi memperkuat kantong agar tidak mudah sobek.

14. Fungsi Lubang Pada Tutup Bolpoin


Fungsi Lubang Tutup Bolpoin. (Foto: brightside)

Tutup pulpen menjadi salah satu benda yang paling sering di gigit dan paling rawan tertelan oleh pemiliknya. Sebab itu lubang kecil pada ujung tutup bolpoin sengaja diciptakan untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi. Dengan adanya lubang, ketika tutup tersebut tertelan masih ada rongga yang dapat mengalirkan udara.

Baca Juga: Terkuak, Ini 5 Fakta di Balik Lukisan Monalisa yang Melegenda

15. Fungsi Silinder Kecil Pada Kabel Charger Laptop


Fungsi Silinder Charger Laptop. (Foto: brightside)

Kabel charger laptop sengaja dipasangi silinder yang berisi ferrite, yaitu sebuah oksida besi atau karat besi yang dapat menghilangkan gangguan sinyal. Silinder kecil yang disebut ferrite bead ini berguna untuk mencegah adanya gangguan sinyal dari berbagai benda elektronik yang ada di sekitarnya.

16. Fungsi Lubang Pembuka Pada Kemasan Minuman Kaleng


Fungsi Lubang Kaleng Minuman. (Foto: brightside)

Kalau kamu sering membeli minuman kaleng, pasti kamu sering menemukan ada sebuah lubang yang terdapat pada pembuka minuman. Ternyata, lubang pada pembuka minuman kaleng tersebut berguna untuk meletakan sedotan agar tetap pada tempatnya.

17. Fungsi Lubang Kecil Pada Jendela Pesawat


Fungsi Lubang Jendela Pesawat. (Foto: brightside)

Jika kamu sering naik pesawat pasti pernah liat lubang ini, Ternyata Lubang tersebut berfungsi untuk mengatur jumlah tekanan udara yang masuk di antara panel dalam dan luar jendela. Jika kamu perhatikan lagi, ternyata pada kaca pesawat tidak hanya memiliki satu panel saja, melainkan ada dua hingga lebih sehingga membuat kaca semakin kuat.

18. Fungsi Dua Titik di Samping Kamera Depan Smartphone


Fungsi Titik Samping Kamera. (Foto: brightside)

Buat pengguna Smartphone pasti sudah tidak asing dengan dua buah titik yang ada di bagian atas layar samping kamera depan. Dua buah titik tersebut bernama Sensor Proximity, yang berfungsi sebagai pengontrol layar pada saat sedang melakukan panggilan telpon. Pada saat mendekatkan telpon ke telinga, layar otomatis akan mengunci.

19. Fungsi Bagian Biru Pada Penghapus


Fungsi Bagian Biru Penghapus. (Foto: brightside)

Banyak mitos yang beredar, jika bagian biru pada sebuah penghapus bisa di gunakan untuk menghapus kertas yang terkena bulpoin, ternyata itu tidak benar. Warna biru pada sebuah penghapus, ternyata berguna untuk menghapus coretan pada permukaan kertas yang lebih tebal, seperti pada buku gambar.

20. Fungsi Lubang Pada Ujung Gagang Panci


Fungsi Lubang Ujung Panci. (Foto: brightside)

Lubang yang terdapat pada ujung gagang panci ternyata berguna untuk meletakan alat pengaduk. Selain itu, lubang tersebut bisa digunakan untuk menaruh stik, agar ketika mengangkat panci tidak terkena langsung oleh uap panas.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - ANU
Category
Ragam

Berita Terkait: