Pantau Flash
Kemenhub Siapkan Payung Hukum untuk Sepeda Listrik
China Pecat Sejumlah Pejabat Pasca Pasien Korona di Penjara Meningkat
WNI yang Dievakuasi dari Kapal Diamond Princess Langsung Dikarantina
Persija Hadapi Tim Singapura dalam Tajuk 'The Dream Team'
Presiden Jokowi Serahkan SK Perhutanan Sosial Seluas 73,6 Ribu Hektar

3 Makanan yang Ampuh Kurangi Risiko Terkena Hipotermia

3 Makanan yang Ampuh Kurangi Risiko Terkena Hipotermia Buah Pisang. (Foto: shutterstock)

Pantau.com - Musim hujan yang terjadi di sebagian wilayah Indonesia akan menimbulkan beberapa penyakit. Karena dalam kondisi ini, tanpa kita sadari akan bisa menimbulkan penyakit seperti risiko hipotermia.

Kondisi cuaca yang dingin bisa menyebabkan hipotermia. Penyakit hipotermia ini sangat berbahaya sekali pada saat kondisi tubuh terlalu rendah, kalau organ tidak dapat berfungsi dan juga tanpa bantuan perawatan bisa menyebabkan kematian.

Namun penyakit ini bisa dicegah dengan cara mengosumsi beberapa makanan. Sebab pada saat mengosumsi makananan tertentu justru makanan tersebut bisa mempengaruhi kondisi tubuh anda. Carilah makanan yang kaya akan lemak, protein, dam karbohidrat.

Baca juga: 3 Tips Mudah Cegah Risiko Terkena Kanker

Berikut makanan dan minuman yang mungkin membutuhkan waktu lama untuk dicerna sehingga dapat menghangatkan tubuh agar mencegah terjadinya hipotermia.

1. Daging Merah

Daging adalah sumber zat besi yang baik serta bisa mencegah terjadinya hipotermia seperti halnya daging domba dan daging sapi. Karena zat besi mengandung mineral penting untuk membantu membawa oksigen pada keseluruh tubuh. Orang yang memiliki zat besi rendah rentan menyebabkan tangan dan kaki akan terasa lebih dingin dan cepat lelah.

2. Ubi Jalar

Makanan ini juga menjadi solusi untuk mengatasi penyakit hipotermia, karena ubi jalar membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan efek suhu tubuh. Tingginya vitamin A, Vitamin C dan potasium. Sayuran akar ini juga dapat menambahakan serat dan nutrisi lain.

Baca juga: Tak Hanya dapat Pahala, Tersenyum Juga Punya 5 Efek Ini Lho

3. Pisang

Buah satu ini yang memiliki banyak vitamin B dan juga magnesium, agar kelenjar tiroid dan adrenal anda bisa berfungsi baik. Kelenjar ini bisa membantu untuk menghangatkan tubuh. Buah pisang juga dibilang dapat meninkatkan mood dan juga menjaga daya ingat.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - TIH
Category
Ragam