Pantau Flash
Paspor WNI Eks ISIS Akan Diblokir Pemerintah
Bappenas Sebut Ekonomi Indonesia 2021 Tergantung Donald Trump
Dua dari Tiga Pasien yang Dirawat RSHS Bandung Dinyatakan Negatif Korona
Menlu Retno Hadiri Pertemuan Tingkat Tinggi Sidang Dewan HAM PBB
Omnibus Law Diklaim Kurangi Tumpang Tindih Aturan di Sektor Pertambangan

5 Air Terjun Terindah di Dunia, Lihatnya Bikin Pikiran Adem

5 Air Terjun Terindah di Dunia, Lihatnya Bikin Pikiran Adem Havasu Falls. (Foto: Ronnybas/Shutterstock)

Pantau.com - Berbicara tentang keindahan alam di dunia tak akan ada habisnya. Gurun, gunung, laut, hutan, hingga air terjun yang ada di dunia ini memiliki keindahan tersendiri. Air terjun tak hanya mengalirkan air segar yang dapat memberikan kenyamanan, namun juga memperlihatkan keindahan lainnya.

Apa Saja Daftar Air Terjun Terindah di Dunia?

Berikut 5 air terjun terindah di dunia.

1. Skógafoss, Iceland

air terjun terindah di dunia skogafoss

Skógafoss. (Foto: Maridav/Shutterstock)

Air terjun Skógafoss di Islandia adalah salah satu air terjun yang paling menakjubkan di dunia, dengan pelangi yang muncul pada bagian air terjun. Mereka dapat dilihat dari bawah atau atas, setelah mendaki ke tebing tinggi. 

Skógafoss merupakan salah satu dari 22 air terjun di sepanjang Sungai Skoga, dengan ketinggian hingga 197 kaki. Air terjun ini juga sangat unik karena mengalir langsung dari dua gletser.

Baca juga: 10 Daftar Destinasi Wisata Wajib di Amerika, dari Gurun hingga Gletser

2. Niagara Falls, New York and Canada

air terjun niagara

Niagara Falls. (Foto: Shutterstock/SurangaSL)

Niagara Falls adalah salah satu air terjun paling populer di dunia, dengan sekitar 30.000.000 pengunjung per tahun. Para wisatawan yang datang dapat melihat tiga air terjun, yakni Horseshoe, Americam, dan Bridal Veil, yang membentuk Niagara Falls. 

Horseshoe Falls, yang terletak di sisi Kanada, adalah yang tertinggi dengan ketinggian 167 kaki. Jumlah air yang jatuh setiap detik sekitar 3.160 ton.

3. Iguazu Falls, Brazil dan Argentina

air terjun igazu

Iguazu Falls. (Foto: Rmnunes /iStock)

Air terjun besar ini terletak di Sungai Iguazu, yang terletak di perbatasan Brasil dan Argentina. Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 269 kaki dan lebar hingga 1,7 mil. Untuk menempatkan ukuran mereka dalam perspektif, mereka dua kali lebih tinggi seperti Niagara Falls dan tiga kali lebih lebar. 

Dari bulan November sampai Maret, air yang mengalir mampu mengisi lima kolam renang Olimpiade. Jika dilihat dari Brasil dan Argentina, air terjun ini menawarkan pemandangan yang berbeda, namun keduanya menakjubkan.

Baca juga: Deretan Destinasi Wisata Dunia yang Diviralkan Instagram

4. Havasu Falls, Arizona

air terjun arizona

Havasu Falls. (Foto: Ronnybas/Shutterstock)

Havis Fallas merupakan bagian dari Havasupai Indian Reservation, yang selalu dikunjungi ribuan orang setiap tahunnya meski untuk mendapatkan izin ke tempat ini sangatlah sulit.

Oase gurun yang terletak di bagian bawah Grand Canyon menjadi daya tarik tersendiri. Satu-satunya cara untuk sampai ke sana adalah dengan helikopter atau perjalanan delapan mil dari jalan terdekat.

5. Ban Gioc–Detian Falls, China dan Vietnam

air terjun ban gioc detian

Ban Gioc–Detian Falls. (Foto: 4045/Shutterstock)

Air terjun Ban Gioc-Detian adalah air terjun yang terletak di perbatasan China dan Vietnam. Dikenal sebagai Ban Gioc di Vietnam dan Detian di Cina, mereka membentuk air terjun terbesar di Asia, dengan ketinggian hingga 98 kaki.

Air terjun dapat dikunjungi dari negara mana pun, dan masing-masing menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini antara bulan Mei sampai Juli. Baik hiking ataupun arung jeram adalah cara yang bagus untuk melihat air terjun.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: