Pantau Flash
Lion Air Jemput 13.000 Jamaah Umrah Kembai ke Indonesia
Bank Indonesia Yakin Ekonomi Membaik di Semester II-2020
Lion Air Hentikan Sementara Penerbangan Umrah ke Arab Saudi
3 Induk Cabor Tanda Tangan MoU Dana Pelatnas 2020
Sejumlah Pertandingan Liga Champions Asia Ditunda Akibat Virus Korona

5 Alasan Wanita Lebih Berumur Panjang Dibandingkan Pria, Percaya Nggak?

5 Alasan Wanita Lebih Berumur Panjang Dibandingkan Pria, Percaya Nggak? Ilustrasi Perempuan. (Foto: techcarehq)

Pantau.com - Penelitian dari Pusat Pengendali dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) memetakan sedikitnya ada lima alasan mengapa perempuan cenderung lebih panjang umur daripada laki-laki.

Dari penelitian tersebut menghasilkan fakta jika rata-rata angka harapan hidup di Amerika adalah 78 tahun dan 9,5 bulan. Tapi uniknya, perempuan yang lahir pada tahun 2012 diperkirakan bisa hidup hingga 81,2 tahun, lima tahun lebih lama daripada pria yang lahir di tahun yang sama (76 tahun).

Lantas apa yang menyebabkan perempuan lebih berumur panjang dari laki-laki?

Baca Juga: 5 Orang dengan IQ Melebihi Albert Einstein, Siapa Saja Mereka?

1. Perempuan Lebih Tangguh Saat Masih Dalam Rahim

Dua setengah bayi laki-laki dipahami sebagai perempuan, kata Dr. Legato, tetapi mereka cenderung menyerah kepada infeksi sebelum melahirkan atau penyebab yang lain dalam kandungan ketika mereka dilahirkan, rasio itu mendekati satu dengan satu.

2. Perempuan Kurang Berani Mengambil Keputusan

Penyebab utama ketiga pada kematian laki-laki adalah karena cedera yang tidak di sengaja, sementara pada perempuan lebih minim. Hal itu bisa menggambarkan jika ternyata lebih banyak keputusan yang diambil oleh laki-laki, dan sebagian keputusan tersebut berakibat fatal hingga menimbulkan kematian.

3. Laki-laki Lebih Rentan Terkena Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan pembunuh utama pada laki-laki dan perempuan, tetapi lelaki berkecenderungan untuk mulai mengalami itu lebih awal ketika mereka berumur 30 dan 40. Perempuan di lain pihak biasanya terkena penyakit jantung 10 tahun kemudian daripada laki-laki. Mereka terlindungi dari itu sampai menopose, sejak tubuh mereka menghasilkan estrogen, yang menolong arteri tetap kuat dan fleksibel.

Baca Juga: 5 Teori Konspirasi Kematian Lady Diana yang Akhirnya Terpecahkan

4. Perempuan Lebih Banyak Bersosialisasi Semasa Hidup

Pertemanan merupakan obat yang mujarab agar awet muda, sebab orang dengan koneksi sosial memiliki kesempatan 50 persen lebih rendah untuk meninggal daripada mereka yang hanya memiliki beberapa jaringan sosial, menurut penelitian dari Bringham Young University.

5. Perempuan Lebih Peduli Pada Kesehatan 

Laki-laki 24 persen lebih sedikit mengunjungi dokter daripada perempuan dalam satu tahun terakhir dan 22 persen mereka menunda tes kolesterol. Faktanya, lebih dari seperempat (28 persen) laki-laki tidak memiliki dokter regular dan kira-kira satu dari lima tidak memiliki asuransi kesehatan pada 2012, berdasarkan Kaiser Family Foundation.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - ANU
Category
Ragam

Berita Terkait: