Pantau Flash
Usai PSBB, Terbitlah Pusat Perbelanjaan Kota Malang
Indonesia Kecam Rencana Aneksasi Israel Terhadap Palestina
Welcome New Normal: Penumpang KRL Dilarang Bicara dan Telepon
Pasien Sembuh COVID-19 Kembali Bertambah, Kini Total 6.240
MUI: Jika Mal Sudah Direlaksasi, Masjid Tentu Juga Sudah Bisa!

5 Asupan Sehat Ini Ampuh Mencegah Penyakit Jantung

5 Asupan Sehat Ini Ampuh Mencegah Penyakit Jantung Pola Hidup Sehat. (Foto: iStock)

Pantau.com - Masalah jantung masih menjadi salah-satu penyakit paling menyeramkan yang menghantui masyarakat tanah air. Banyak kasus kematian di Indonesia dan dunia yang penyebab utamanya adalah masalah Jantung.

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa gaya hidup sehat menjadi salah satu kunci menangkal risiko terkena penyakit jantung dan konsumsi makanan sehat merupakan contohnya.

Berikut lima makanan yang bisa membantu mencegah munculnya masalah jantung:

1. Kacang-kacangan 


Ilustrasi kacang-kacangan. (Foto: Pixabay)

Protein dari kacang-kacangan dan biji-bijian dapat bermanfaat bagi jantung manusia, seperti terungkap dalam studi International Journal of Epidemiology.

Dari riset tersebut menemukan bahwa orang yang mengonsumsi protein dari kacang dan biji-bijian berkurang risikonya mengalami penyakit kardiovaskular sebanyak 40 persen. Demikian seperti dilansir Indian Express.

Baca Juga: Sebelum Terlambat! Ini 5 Tips Ampuh Mencegah Penyakit Stroke

2. Kangkung


Ilustrasiui kangkung. (Foto: Pixabay)

Konsumsi sayuran berjenis "cruciferous" bisa melindungi dari penyakit kardiovaskular, ungkap studi dalam Journal of American Heart Association.

Seperti dilansir Medical News Today, sayuran Cruciferous merujuk pada genus Brassica, misalnya kubis, kembang kol, brokoli, kubis Brussel, kangkung, lobak, lobak, selada air dan sawi hijau.

Sayuran ini merupakan sumber serat; vitamin C, E, dan K; beberapa karotenoid; folat; dan mineral.Ada juga kandungan senyawa belerang yang dikenal sebagai glucosinolates, yang memunculkan rasa agak pahit dan bau menyengat.

3. Semangka


Ilustrasi semangka. (Foto: Pixabay)

Penyakit jantung adalah salah satu pembunuh terbesar dan mengurangi kadar kolesterol dan tekanan darah dapat membantu menurunkan penyakit jantung. Lycopene dalam semangka bisa membantu menurunkan keduanya dan juga mencegah kerusakan oksidatif akibat kolesterol.

Baca Juga: Olahraga yang Satu Ini Bisa Bikin Kamu Awet Muda Lho

4. Teh Hijau


Teh hijau. (Foto: Pixabay)

Molekul dalam teh hijau bisa membantu melawan aterosklerosis, yang menjadi penyebab serangan jantung dan stroke, menurut studi dalam Journal of Biological Chemistry.

Salah satu bahan kimia dalam teh hijau yang bermanfaat melawan aterosklerosis adalah epigallocatechin-3-gallate (EGCG).

Aterosklerosis muncul akibat plak di arteri, yang berawal dari lemak yang menempel dari pembuluh darah. Lemak ini kemudian berkembang ukurannya menjadi plak yang mengeras, membuat arteri menyempit sehingga mengurangi aliran darah. Demikian seperti dilansir Medical News Today.

5. Lemak Ikan


Ilustrasi lemak ikan. (Foto: Pixabay)

Mengkonsumsi lemak ikan empat kali seminggu dapat membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik dan mencegah risiko penyakit jantung, menurut sebuah studi dalam jurnal Molecular Nutrition & Food Research.

Lemak ikan meningkatkan ukuran dan komposisi lipid partikel high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik, pada orang yang mengalami gangguan metabolisme glukosa, seperti dilansir Indian Express.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - ANU

Berita Terkait: