5 Bahan Ini Sumber Protein Murah Selain Telur

Ilustrasi (Foto: Pixabay)Ilustrasi Yoghurt (Foto: Pixabay)

Pantau – Telur menjadi sumber protein kaya gizi dengan harganya yang murah dan mudah didapatkan. Melansir dari laman eatingwell, sebutir telur mengandung 6 gram protein plus nutrisi lain seperti kolin dan antioksidan (lutein dan zeaxanthin).

Tetapi beberapa bulan ini harga telur terus melonjak. Kenaikan tersebut membuat masyarakat harus putar otak mencari sumber alternatif protein. Namun, jangan khawatir! Kamu juga bisa mendapat sumber protein alternatif yang tak kalah bergizi dan murah selain telur. Apakah itu?

1. Tempe

Bahan baku kacang kedelai mengandung senyawa antinutrien, asam fitrat yang efektif menyerap zat gizi pada tubuh. Tempe juga mengandung serat dan mikrobioma yang baik untuk pencernaan.

2. Greek Yoghurt

Berbeda dengan yoghurt kebanyakan, Greek Yoghurt memiliki kandungan protein lebih tinggi. Beberapa manfaat lainnya antara lain menyehatkan jantung, mengontrol berat badan agar tetap stabil.  Kandungan fosfor, kalsium, dan magnesium pada Greek Yoghurt juga membantu memperkuat tulang dan mencegah osteoporosis.

3. Tahu

Setiap 3 ons tahu mengandung 8 gram protein yang sudah memenuhi 1/6 kebutuhan protein harian. Tahu sendiri bisa diolah menjadi beragam sajian, seperti tahu goreng, tahu bacem, bahkan sup tahu.

4. Kacang Tanah

Sumber protein harian tidak harus berupa lauk. Camilan sehat seperti selai kacang tanah dan kacang rebus pun dapat memenuhi amunisi protein harian. Setiap 28 gram selai kacang mengandung 7 gram protein.

5. Sarden 

Dalam 92 gram ikan sarden mengandung 23 gram protein yang dibarengi zat-zat lain seperti vitamin B12, D, kalsium, omega-3, hingga berbagai jenis mineral lainnya. Ikan ini juga memberikan segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Di antaranya mencegah penyakit jantung, memperkuat sistem imun dan mengontrol gula darah.

Tim Pantau
Editor
Annisa Indri Lestari