Pantau Flash
Kemenparekraf Peringkat Pertama Anugerah KIP Kategori Menuju Informatif
Mentan SYL Resmikan Penggilingan Padi dan Salurkan Bantuan di Bulukumba
COVID-19 RI Pecah Rekor Lagi! Kasus Positif Naik 6.267 dengan Total 534.266
Polisi Bakal Panggil Pihak RS Ummi Diduga Halangi Satgas Soal Swab HRS
Survei SMRC: Mayoritas Publik Tak Mau Tunda Pilkada 2020

5 Cara Atasi Sulit Tidur Akibat Gelisah

5 Cara Atasi Sulit Tidur Akibat Gelisah Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Rasa khawatir dan cemas kadang membuat kita gelisah, hingga terus terjaga dan sulit tidur. Berikut ini adalah cara mudah untuk membantu Anda tidur ketika gundah gulana, seperti dilansir dari The Guardian.

1. Hindari melihat ponsel sebelum tidur

Cobalah untuk menghindari ponsel untuk membaca berita atau media sosial sebelum tidur. Cahaya lampu dari ponsel pintar dapat menghilangkan rasa kantuk dan juga mempersulit tidur.

Baca juga: Saat Jalani 'WFH' Hindari Bekerja di Atas Tempat Tidur

2. Kosongkan pikiran

Jika Anda berniat untuk menonton televisi, tontonlah acara hiburan sebagai distraksi. Ahli spesialis tidur Katie Fischer menyarankan, bila Anda merasa gelisah maka tuangkanlah pikiran Anda dalam bentuk tulisan tangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menuliskan isi pikiran dapat meringankan beban stress dan kekhawatiran.

3. Jauhi tempat tidur ketika terjaga

Jika merasa sulit tidur, jangan terus berbaring di tempat tidur karena pikiran akan mengasosiasikan tempat tidur dengan perasaan terjaga. Jadi ketika Anda merasa sulit untuk tidur, pindahlah dulu ke sofa atau tempat lain, kemudian ketika mulai mengantuk barulah pindahkan diri ke tempat tidur.

4. Lakukan latihan pernafasan

Ketika seseorang memiliki gaya hidup yang sibuk dan serba cepat, itu dapat menyebabkan pernafasan menjadi dangkal dan detak jantung menjadi lebih cepat. Cobalah latihan pernafasan dimana Anda berlatih bernafas secara sadar dengan perlahan. Tarik nafas selama empat hingga enam detik, kemudian tahan beberapa saat dan lepaskan secara perlahan. Lakukan selama sekitar 10 menit sebelum tidur.

Baca juga: 5 Kegiatan yang Bisa Bikin Anda Cepat Merasa Lelah

5. Cari kegiatan

Resep terbaik untuk tidur ialah rasa lelah setelah beraktivitas seharian, namun kondisi pandemi saat ini menyebabkan banyak orang kehilangan aktivitas sehari-harinya. Untuk mengatasinya, lakukanlah rutinitas yang biasa dilakukan seperti tidur, makan dan bekerjalah di waktu normal Anda beraktivitas. Hal ini bisa membuat Anda sibuk dan kemudian tertidur setelah merasa lelah.

Tim Pantau
Sumber Berita
Antara
Editor
Gilang K. Candra Respaty

Berita Terkait: