Pantau Flash
KSAD Andika Perkasa: Klaster COVID-19 Secupa AD dari Ketidaksengajaan
Ada 1.671 Kasus Baru di RI, Total Infeski COVID-19 Capai 74.018
Polda Metro Sebut Editor Metro TV Yodi Prabowo Tewas Dibunuh
Gubernur Babel Resmi Gugat UU Minerba ke MK
Euforia Turki Resmikan Hagia Sophia Kembali Jadi Masjid

5 Cara Mudah untuk Kamu yang Sulit Tidur

5 Cara Mudah untuk Kamu yang Sulit Tidur Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Banyak orang yang mengalami kesulitan untuk tidur. Meski tidur adalah kebutuhan untuk tubuh kita, namun nyatanya jika beban pikiran sedang tidak bagus, maka bisa saja tidur pun jadi sulit. 

Padahal, jam tidur manusia berbeda tergantung usianya. Bayi yang baru lahir memerlukan 14-17 jam tidur per hari. Sedangkan dewasa berusia 65 tahun ke atas membutuhkan waktu 7-8 jam tidur per hari.

Namun bagaimana jika sulit untuk tidur? Ini 5 tips yang bisa dilakukan jika kamu sulit tidur.

Baca juga: 7 Cara untuk Bersantai di Rumah Setelah Seharian Bekerja

1. Rileks

Membaca buku dapat membantu memperlambat pernapasan dan mengendurkan otot, selain itu yoga untuk peregangan atau berjalan pelan-pelan dapat mengurangi kecemasan, sehingga kamu bisa lekas tidur.

Berendam atau mandi air hangat juga dapat membantu kamu rileks. Para peneliti di University of Texas di Austin menemukan bahwa mandi di air 40-42.5 derajat Celcius satu hingga dua jam sebelum waktu tidur akan membuat tidur lebih baik.


2. Tidur tepat waktu

Tidur dan bangun di waktu yang tepat dan teratur akan menguatkan jam biologis tubuh, kata Dr Lizzie Hill, seorang ahli fisiologi tidur dan perwakilan dari British Sleep Society.

Hindari berolahraga mendekati waktu tidur, karena dapat menyebabkan kegelisahan dan suhu tubuh yang tinggi, kata Samantha Briscoe, seorang ahli fisiologi senior di Sleep Center di rumah sakit London Bridge.


3. Lindungi kamarmu

Jaga suhu ruangan pada kamar dan batasi cahaya yang masuk. Suhu ruangan 16-18 derajat Celcius dianggap ideal untuk sebagian besar orang.

Tirai hitam atau masker mata dapat membantu menghalangi cahaya, selain itu jauhkan diri dari perangkat elektronik sangat dianjurkan.

Jika kamu kesulitan tidur setelah lebih dari 25 menit, Matthew Walker, seorang ahli tidur dan profesor ilmu saraf dan psikologi di University of California, Berkeley, menyarankan untuk bangun dan membaca di bawah cahaya redup di ruangan lain. Setelah mengantuk, kamu bisa kembali ke kamar tidur.

Baca juga: Dibanding Diet Keto, Diet Ini Lebih Sehat dengan Manfaat Jangka Panjang

4. Tuliskan kekhawatiran

Jika kamu banyak pikiran, disarankan untuk menuliskan hal-hal yang membuat kamu khawatir dalam jurnal atau buku.

NHS juga merekomendasikan untuk menulis daftar tugas yang akan dilakukan esok hari, agar pikiran kamu lebih jernih.

5. Siapkan untuk kegiatan esok hari

Ketika hendak mengenakan piyama, pilih juga pakaian kamu untuk esok hari atau mengepak tas saat menyikat gigi. Rutinitas malam hari tersebut akan membuat pagi hari berjalan lebih lancar.

Martin Hagger, seorang profesor psikologi kesehatan di University of California, Merced, menekankan bagaimana rutinitas itu terkait dengan pembentukan kebiasaan yang sehat.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - TIH

Berita Terkait: