Pantau Flash
Kompetisi J-League Ditunda Akibat Virus Korona
Pemerintah Berikan Diskon Tarif Pesawat Akibat Serangan Korona
Komisi III DPR RI Desak MenkumHAM Yasonna Laoly Evaluasi Pegawai
Mentan Syahrul Yasin Limpo Dorong Mahasiswa IPB Jadi Petani Modern
Polri: Pemilik Zat Radioaktif Ilegal yang Gemparkan Tangsel Pegawai BATAN

5 Cara Sederhana Agar Hidup Kamu Lebih Bahagia

5 Cara Sederhana Agar Hidup Kamu Lebih Bahagia Keluarga Bahagia. (Foto: 123rf)

Pantau.com - Penelitian menunjukkan ciri orang yang hidup bahagia adalah makin kecil punya risiko serangan jantung, punya tekanan darah lebih sehat, kolesterol rendah dan menurun tingkat stres-nya.

Berikut lima cara agar hidup kamu lebih bahagia dilansir Huffington Post.

1. Jangan Jadi Orang yang Ribet

Apakah kamu sering merasa sulit untuk menikmati hidup? Jika iya, mungkin inilah saatnya fokus pada yang benar-benar penting saja. Jika kita dapat mengesampingkan hal-hal yang tak penting, maka kita punya lebih banyak waktu untuk hal-hal yang membahagiakan.

Cobalah berhenti memaksa diri, mulailah berani berkata  "tidak" dan sempatkan waktu untuk diri kamu dan orang-orang yang kamu sayangi.

Baca Juga: Ini Usia Paling Membahagiakan dalam Kehidupan Manusia

2. Sadarlah Untuk Lebih Menikmati Hidup

Sekali kamu memutuskan untuk lebih bahagia maka setiap hari kamu akan menemukan makin banyak alasan untuk bahagia. Maka dari itu, ingatlah jika hidup itu untuk dijalani dan dinikmati, bukan untuk di bayangkan dan disesali.

3. Ingat hal-hal yang Menyenangkan

Menulis daftar hal-hal yang benar-benar kamu senangi dan selalu mengingat kenangan yang menyenangkan merupakan cara yang baik untuk memompa perasaan positif. Cobalah menulis setidaknya 10 hal yang membuat kamu selalu bahagia lalu lakukan dalam keseharian kamu.

Baca juga: Minum Teh Hijau Secara Rutin Dapat Meningkatkan Kinerja Otak

4. Habiskan Waktu Dengan Orang-orang yang Kamu Sayangi

Orang yang pandai membangun jaringan sosial dan ikut dalam komunitas cenderung lebih bahagia hidupnya dibandingkan orang yang tidak. 

Penelitian dari Harvard Medical School menunjukkan kebahagiaan itu menular. Jadi, semakin banyak kamu menghabiskan waktu dengan orang-orang yang bahagia, maka kebahagian yang kamu dapat akan lebih banyak.

5. Selalu Bersikap Baik Pada Orang Lain

Saat kamu dapat membuat seseorang merasa baik, perasaan kamu juga akan ikut baik. Terkadang sikap-sikap sederhana seperti tersenyum pada orang lain akan mengubah perasaan dalam diri kamu menjadi lebih bahagia dan ini baik untuk kehidupan kamu kedepan.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - ANU
Category
Ragam

Berita Terkait: