Pantau Flash
Komisi III DPR RI Desak MenkumHAM Yasonna Laoly Evaluasi Pegawai
Mentan Syahrul Yasin Limpo Dorong Mahasiswa IPB Jadi Petani Modern
Polri: Pemilik Zat Radioaktif Ilegal yang Gemparkan Tangsel Pegawai BATAN
Ada Fenomena CENS dari Laut China Selatan dalam Banjir Jakarta
Marquez Akui Sempat Kesulitan dengan Motor Baru Honda

5 Destinasi Wisata Eksotis di Kalimantan, Bikin Gak Mau Pulang!

5 Destinasi Wisata Eksotis di Kalimantan, Bikin Gak Mau Pulang! Danau Labuan Cermin. (Foto: Flickr)

Pantau.com - Kalimantan Timur ditunjuk sebagai ibu kota pengganti Jakarta. Hal itu resmi dikonfirmasi oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djail pada Kamis (22/8/2019). Namun, ia mengaku belum mengetahui detail pemindahan lokasi pemerintahan pusat Indonesia itu.

Dipilih menjadi pengganti Jakarta, Kalimantan Timur akan menjadi sorotan utama oleh masyarakat Indonesia, tak terkecuali dengan destinasi yang sudah ada di sana.

Berikut 5 destinasi wisata yang ada di Kalimantan Timur yang dirangkum Pantau.com:

Baca juga: 5 Bus Legendaris yang Pernah Mengaspal di Jalanan Indonesia

1. Pulau Derawan

Pulau Derawan. (Foto: Flickr)

Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah objek wisata bahari yang sangat menawan. Berbagai aktivitas mulai dari snorkeling, diving, surfing. 

Salah satu lokasi favorit wisata mancanegara terutama para penyelam kelas dunia, yakni Taman Bawah Laut.

2. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin. (Foto: Flickr)

Danau Labuan Cermin adalah salah satu objek wisata air yang berlokasi di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Danau ini menjadi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara karena Danau Labuan Cermin memiliki air yang sangat jernih, bahkan dasar dari danau yang berupa pasir laut inipun bisa terlihat dengan jelas. 

Dinamakan Labuan Cermin karena danau ini memiliki lapisan yang membuat cahaya matahari memantul. Selain itu, danau memiliki dua jenis air, yakni asin di permukaan danau dan tawar di dasar danau. Di wisata ini, pengunjung dapat melakukan aktivitas berenang, snorkeling, dan juga menyelam. 

3. Danau Kakaban

Danau Kakaban. (Foto: Pinterest)

Danau Kakaban merupakan air laut yang terperangkap di Pulau Kakaban, ditambah dengan air dari dalam tanah dan air hujan sejak 2 juta tahun lalu. Danau Kakaban termasuk danau prasejarah yaitu zaman peralihan Holosin.

Ada yang menarik di danau ini, yakni kehidupan ribuan bahkan jutaan ubur-ubur jinak yang tak menyengat. Ubur-ubur ini terperangkap selama jutaan tahun di dalam danau di tengah atol atau pulau karang berbentuk lingkaran bernama pulau Kakaban. Karena hampir gak ada predator di dalam danau, sehingga kemampuan menyengatnya berangsur-angsur menghilang.

Hanya ada dua tempat di dunia ini yang memiliki kehidupan ubur-ubur tanpa sengat, di Kakaban, Indonesia, dan di Pulau Palau, Kepulauan Micronesia.

Baca juga: Ini Deretan Keunggulan Kalimantan Timur, Calon Ibu Kota Baru Indonesia

4. Telaga Biru Tulung Ni'Lenggo

Wisata Tulung Ni'Lenggo. (Foto: Jalan Wisata)

Tulung Ni’ Lenggo merupakan telaga berwarna biru jernih yang berada di Kampung Tembudan, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau. Jernihnya air di telaga ini menjadi daya tarik tersendiri wisatawan. Di Tulung Ni’ Lenggo, wisatawan bisa mengelilingi telaga menggunakan perahu yang disediakan atau berenang-renang menikmati kesegaran air danau.

5. Taman Nasional Kutai

Taman Nasional Kutai. (Foto: amabeltravel.com)

Taman Nasional Kutai atau biasa disingkat TNK adalah sebuah taman nasional yang berada di wilayah Kabupaten Kutai Timur dan sebagian kecil wilayah Kota Bontang yang memiliki lahan total seluas 198.629 hektare.

Wisata ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin mengenal alam dan satwa Kalimantan Timur. Di TNK ini terdapat sejumlah ekosistem, yakni dipterocarpaceae campuran, hutan mangrove, hutan rawa air tawar, vegetasi hutan kerangas, dan sebagainya.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - NPW
Category
Ragam

Berita Terkait: