Pantau Flash
Proyek Tol Trans-Sumatera, Jokowi Temukan Kendala Aturan Teknis
Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Pangandaran Jawa Barat
Getaran Gempa Banten Terasa hingga Jakarta dan Depok
Kementan: Kalung Anti Korona Bukan sebagai Antivirus
Rangkasbitung Banten Diguncang Gempa Magnitudo 5,4

5 Faktor yang Menjadi Penyebab Mengapa Perempuan Sulit Hamil

5 Faktor yang Menjadi Penyebab Mengapa Perempuan Sulit Hamil Ilustrasi. (Foto: iStock)

Pantau.com - Memiliki anak setelah menikah tentu menjadi dambaan semua pasangan suami istri. Namun kesempatan memiliki momongan segera setelah menikah ternyata tidak selalu dialami oleh semua pasutri. Ada yang bisa segera hamil tapi ada pula yang membutuhkan waktu bertahun-tahun sampai akhirnya mengalami kehamilan dan akhirnya memiliki anak. Akibatnya, banyak dari mereka yang mencoba menebak-nebak dan akhirnya terkecoh dengan mitos kesuburan yang belum tentu kebenarannya.

Kira-kira, apa saja yang menjadi penyebab seorang perempuan sulit hamil dan apa solusi yang tepat? Berikut lima permasalahan yang sering dialami pasangan suami istri untuk memiliki momongan, seperti dilansir Daily Mail.

Baca Juga: Prediksi Jenis Kelamin Janin Melalui Tekanan Darah Ibu saat Hamil

1. Pasangan Obesitas


Pasangan Obesitas. (Foto: Ist)

Menurut riset terbaru dari National Institues of Health menunjukkan berat badan pria dan wanita berpengaruh pada kehamilan. Pasangan yang sama-sama obesitas membutuhkan waktu 59 persen lebih lama untuk dapat hamil ketimbang pasangan dengan berat badan yang ideal.

2. Terlalu Stres


Terlalu Stres. (Foto: Ist)

Stres tak hanya berdampak buruk untuk perempuan hamil, tetapi juga untuk perempuan yang sedang berusaha hamil. Ilmuwan belum mengetahui apa sebab persisnya stres menurunkan tingkat kesuburan, tetapi mereka memberi saran untuk melatih yoga, meditasi dan ketenangan batin bila sedang program hamil.

3. Terlalu Keras Berolahraga


Olahraga Berat. (Foto: Ist)

Olahraga memang baik, tapi intentistasnya jangan terlalu tinggi bila sedang dalam proses mencoba hamil. Studi pada 2012 menemukan perempuan dengan berat badan ideal yang olahraga dengan intensitas tinggi selama lima jam per minggu butuh waktu lebih lama untuk bisa hamil. Sebaliknya, olahraga dengan intensitas sedang meningkatkan kesuburan.

Baca Juga: Beberapa Hal Penting yang Sering Dilupakan Ibu Hamil Jelang Melahirkan

4. Terlalu Sering Nonton TV


Menonton Televisi. (Foto: Ist)

Bagi para pria, kurang olahraga yang ditandai dengan duduk di depan televisi sepanjang waktu bisa memperburuk kualitas sperma. Dalam studi yang diterbitkan di British Journal of Sports Medicine, pria yang menonton TV lebih dari 20 jam setiap pekan punya konsentrasi sperma 44 persen lebih rendah dibanding mereka yang tidak menonton TV.

5. Akibat Rokok


Stop Merokok. (Foto: Ist)

Rokok menyumbag 13 persen penyebab ketidaksuburan berdasarkan data American Society of Reproductive Medicine. Merokok membuat ovarium cepat menua dan mengurangi pasokan sel telur pada wanita, selain itu zat yang terkandung pada rokok juga berhubungan dengan jumlah sperma yang rendah pada pria.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW

Berita Terkait: