Pantau Flash
Alami Pneumonia Akibat Korona, Musisi jazz Ellis Marsalis Meninggal Dunia
WP KPK Tolak Wacana Pembebasan Napi Koruptor Dampak Pandemi Korona
Penanganan COVID-19 di Jakarta Disebut Lebih Baik dari Jabar dan Banten
PSI pada Jokowi: Mudik Harus Dilarang, Kalau Imbauan Saja Tak Akan Efektif
Update COVID-19 3 April: 1.986 Kasus Positif, 134 Sembuh, 181 Meninggal

5 Gunung Berapi Paling Aktif di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

5 Gunung Berapi Paling Aktif di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia Ilustrasi Gunung Meletus. (Foto: Alamy)

Pantau.com - Gunung berapi adalah gunung yang sangat aktif dan berpontensi meletus kapan saja tanpa bisa di prediksi. Gunung berapi terdapat di seluruh dunia, namun banyak ditemui di lokasi yang berada di sepanjang jalur Cincin Api Pasifik (Pacific Ring of Fire). Jalur Cincin Api Pasifik merupakan garis pertemuan antara dua lempeng tektonik.

Indonesia merupakan salah satu negara yang di lewati jalur Cicin Api Pasifik, maka tidak heran jika Indonesia memiliki banyak gunung berapi. Salah satu gunung berapi paling aktif di dunia ada di Indonesia yaitu Gunung Merapi yang terletak di pulau Jawa.

Selain Merapi, gunung apa saja yang mendapat predikat sebagai gunung berapi teraktif di dunia? Berikut 5 gunung berapi paling aktif yang ada di seluruh dunia.

1. Gunung Erebus - Antartika


Gunung Erebus ( Foto: Doug Allan/Getty Images)

Gunung ini pertama ditemukan pada tahun 1841 oleh seorang penjelajah bernama Sir James Clark Ross. Gunung Erebus memiliki ketinggian 12.447 kaki (3.794 m) di atas permukaan laut. Aktivitas gunung terjadi sejak tahun 1984 sampai dengan awal 2005 yang menyebabkan terbentuknya dua danau lava di bekas letusan gunung tersebut.

Baca Juga: 5 Penyebab Terjadinya Kiamat Menurut Sains yang Sejalan dengan Agama

2. Gunung Etna - Italia


Gunung Etna (Foto: Loop Images/UIG via Getty Images)

Gunung dengan ketinggian 10.925 kaki (3.330 meter) ini adalah gunung berapi aktif dan merupakan yang tertinggi di Eropa. Gunung Etna telah berulangkali meletus yang menyebabkan ketinggian gunung tersebut selalu berubah setiap tahunnya. Gunung ini terakhir meletus pada mei 2016 lalu dengan mengeluarkan semburan lava yang spektakuler ke langit dan memancar keluar dari Kawah Voragine.

3. Gunung Sakurajima - Jepang


Gunung Sakurajima (Foto: Martin Rietze/Getty Images)

Gunung ini pernah meletus hebat pada tahun 1914 yang menyebabkan terbelahnya pulau utama Jepang dan menciptakan jembatan tanah yang menghubungkan dengan wilayah lain di negara itu. Gunung Sakurajima tercatat pertama kali aktif pada tahun 1955, dan diketahui terakhir meletus pada Februari 2016 lalu. Gunung ini menjadi salah satu yang teraktif di dunia karena intensitas letusannya yang cukup besar.

Baca Juga: 10 Makanan Ini Bisa Mengancam Nyawa Jika Salah Mengolahnya

4. Gunung Merapi - Indonesia


Gunung Merapi (Foto: Dean Conger/Corbis via Getty Images)

Gunung yang dikenal dengan nama "Mountain of Fire" ini merupakan salah satu gunung berapi paling aktif yang ada di bumi. Aktivitas letusan yang terjadi sudah ada sejak 10.000 tahun yang lalu dan merupakan yang terlama di antara gunung lain di Indonesia. Gunung Merapi terakhir meletus pada tahun 2010 lalu yang menewaskan lebih dari seratus orang, dan meninggalkan 320.000 warga tanpa rumah.

5. Gunung Vesuvius - Italia


Gunung Vesuvius (Foto: Universal History Archive/UIG via Getty Images)

Gunung yang menjadi simbol kehancuran kota Pompeii ini merupakan gunung api purba paling aktif yang sudah terbentuk sejak jutaan tahun yang lalu.

Gunung ini terkenal karena letusan dahsyatnya pada 79 M yang menghancurkan kota Pompeii dan Herculaneum. Gunung Vesuvius kembali meletus saat Perang Dunia II berlangsung yaitu pada tahun 1944 yang menyebabkan sungai-sungai di sekitar gunung teraliri lava dan terlihat hingga ke kota Napoli. Gunung ini cenderung meletus setiap 2.000 tahun.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - ANU

Berita Terkait: