Pantau Flash
6.300 Personel Kawal Sidang Tahunan MPR, Polda Metro Pastikan Tak Ada Demo
Politik Identitas Jadi Ancaman Pilkada Serentak, Hajatan DKI 2017 Disorot
Bamsoet Soal Sidang Tahunan MPR RI: Ini Konvensi Ketatanegaraan
Kadin Sebut Sektor Pariwisata Bisa Selamatkan Indonesia dari Resesi Ekonomi
Jokowi Kenakan Sabu, Baju Adat NTT di Sidang Tahunan MPR RI

5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Kamu Gabut Kehabisan Kuota di Kereta

Headline
5 Hal yang Bisa Dilakukan Saat Kamu Gabut Kehabisan Kuota di Kereta Ilustrasi smartphone (Foto: Xiaomi)

Pantau.com - Saat kamu menaiki moda transportasi seperti commuter line atau bus, mungkin kamu akan memilih menghabiskan waktu dengan bermain gadget. Browsing di media sosial atau sekadar chat dengan rekan bisa mengusir kebosanan saat perjalanan. 

Namun petaka akan terjadi jika kamu justru kehabisan kuota Internet secara tiba-tiba. Mau turun beli kuota juga nanggung, kan lagi di kereta. Gak mungkin dong kamu minta berhenti ke masinisnya. Apalagi jika keadaan sudah larut malam, ditambah uang kamu pas-pasan. Lengkap deh. 

Kalau kamu tipe smartphone addict, dipastikan kamu akan bingung mau ngapain. Eits, tapi jangan muram. Ini dia 5 hal yang bisa kamu lakukan jika kehabisan kuota di perjalanan: 

Baca juga: Arti Gabut yang Sering Dilontarkan Milenials

1. Bermain game offline

Bermain game offline atau yang tidak memerlukan jaringan internet bisa jadi ide bagus saat keadaan kehabisan kuota. Cobalah sekali-kali jangan memainkan Mobile Legends atau PUBG, tapi coba bermain catur, solitaire, atau bahkan sudoku. Permainan ini dijamin bisa mengasah otak kamu, lho.

2. Hapus pesan WhatsApp

Jika biasanya kamu malas menghapus pesan-pesan WhatsApp atau Line yang menumpuk di ponsel, mungkin sekarang adalah waktu yang tepat. Daripada kamu mati gaya dan bingung mau ngapain, rasanya hal ini patut dicoba.

3. Hapus foto atau video tak penting

Terkadang foto atau video tak penting hanya akan memenuhi memori dan memperlambat kinerja ponsel kamu. Apalagi video yang terunggah otomatis dari pesan singkat WhatsApp, tanpa kita sadari pasti akan sangat banyak. Meski tidak mengganggu, tapi kan lumayan kalau kamu punya banyak ruang kosong di ponselmu.

Baca juga: Beberapa Negara di Dunia, Larang 5 Jenis Makanan Ini Dikonsumsi, Apa Saja?

4. Menghitung pengeluaran

Jika terlintas kamu masuk ke menu dan melihat kalkulator, gak ada salahnya kamu mulai berhitung. Hitung apa saja, seperti pengeluaran bulan depan atau budget liburan kamu selanjutnya. Lumayan kan bisa mengusir kejenuhan sampai tiba di tempat tujuan.

5. Buat tulisan di notepad

Ide-ide kreatif biasanya muncul secara tidak terduga lho. Mungkin saja di saat kamu bingung mau ngapain saat tak ada kuota, kamu bisa mendapat inspirasi menulis di notepad ponsel kamu. Bisa menulis skenario cerita untuk novel, menulis curhatan, atau bahkan menulis artikel seperti ini mungkin.

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - TIH

Berita Terkait: