Pantau Flash
Bayi 50 Hari Asal Cirebon Positif Korona Usai Diajak Orangtua ke Hajatan
Update COVID-19 di Indonesia: Jumlah Positif 30.514, Pasien Sembuh 9.907
KSP: Pemerintah Berhati-hati dan Tetap Waspada Memasuki Era New Normal
Meutya Hafid: Kepemimpinan Penerapan New Normal Tetap di Pemerintah Sipil
KPU dan Kemendagri Sedang Siapkan Protokol Kesehatan Tahapan Pilkada 2020

5 Jembatan Paling Ekstrem dan Seram di Dunia, Bikin Lutut Lemas!

5 Jembatan Paling Ekstrem dan Seram di Dunia, Bikin Lutut Lemas! Hussaini Hanging Bridge. (Foto: Flickr)

Pantau.com - Di berbagai negara di dunia ini pasti memiliki tempat yang sulit dijangkau kendaraan bermotor, bahkan manusia itu sendiri. Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah setempat pasti membangun sebuah jembatan untuk memberikan akses antar dua daerah yang dihalangi oleh tebing curam, sungai besar, ataupun hutan belantara.

Namun, tidak semua jembatan mudah untuk disebrangi. Bagi orang yang memiliki phobia dengan ketinggian, menyeberangi jembatan akan memberi sensasi tersendiri.

Berikut beberapa jembatan paling mengerikan di dunia yang dirangkum Pantau.com.

1. Royal Gorge, Colorado

Royal Gorge Bridge, Colorado. (Foto: thousandwonders.net)

Jembatan Royal Gorge merupakan objek wisata di dekat Canon City, Colorado, Amerika Serikat, yang masuk dalam kawasan Royal Gorge Bridge and Park, sebuah taman nasional seluas 360 hektare yang terletak di sepanjang tepi Royal Gorge.

Jembatan ini memiliki panjang 380 meter dengan lebar 5,50 meter. Jembatan ini dibangun pada 5 Juni 1929 dengan biaya mencapai Rp 3,9 miliar. Berketinggian 1.200 kaki di atas permukaan tanah, jembatan tersebut sebenarnya tidak memiliki kabel angin yang stabil selama 50 tahun setelah pembentukannya.

Royal Gorge pernah menerima penghargaan sebagai jembatan tertinggi di dunia pada tahun 2001 hingga 2012. Sampai saat ini jembatan gantung Royal Gorge masih aktif digunakan. 

Baca juga: 10 Daftar Destinasi Wisata Wajib di Amerika, dari Gurun hingga Gletser

2. Hussaini, Pakistan

Hussaini Hanging Bridge. (Foto: Flickr)

Jembatan gantung Hussaini atau Hussaini Hanging Bridge adalah jembatan gantung yang digunakan untuk menyeberangi Borit Lake, Pakistan. 

Jembatan ini merupakan satu-satunya jembatan gantung yang bisa mengantarkan masyarakat lokal untuk menyeberangi danau untuk mengunjungi kota besar di sebelah utara Pakistan.

Jembatan tali ini, terdiri dari dua jembatan yang bersebelahan, kurang terpelihara. Banyak papan yang hilang, dan angin kencang mengguncan jembatan ketika anda menyeberang. Meskipun terlihat berbahaya, Hussaini telah menjadi sebuah daya tarik bagi wisatawan.

3. Lake Pontchartrain Causeway, Louisiana

Lake Pontchartrain Causeway, Louisiana. (Foto: travelandleisure.com)

Danau Pontchartrain Causeway atau yang dikenal sebagai Causeway terdiri dari dua jembatan yang membentang sepanjang 38 km di atas danau di Louisiana di Amerika Serikat.

Jembatan ini dibangun pada 20 Januari 1956 dan dibuka resmi pada 30 Agustus 1956. Jembatan tersebut sangat menantang, karena tingginya hanya 16 kaki dari air yang amat berombak. Jembatan ini juga merupakan jembatan terpanjang di atas air di dunia.

Baca juga: Sebelum Melancong, Simak 4 Tips Pintar dalam Memilih Koper

4. Storseisundet, Norwegia

Storseisundet Bridge, Norwegia. (Foto: nydailynews.com)

Jembatan Storseisundet merupakan jembatan terpanjang dari delapan jembatan yang membentuk Atlanterhavsveien, ruas jalan yang menghubungkan daratan Romsdal di Semenanjung ke Pulau Averoya di More og Romsdal, Norwegia.

Jembatan yang resmi dibuka pada 7 Juli 1989 ini memiliki panjang 260 meter. Jembatan ini bagaikan roller coaster yang sangat curam. Bukan hanya menurun, namun juga meliuk cukup tajam.

5. Sidu River, China

Sidhue River Bridge, Tiongkok. (Foto: Highestbridges.com)

Jembatan Sungai Sidu di China ini memiliki konstruksi baja yang menjulang, ini adalah jembatan yang menghubungkan Shanghai dengan Chongqing.

Sidu River merupakan jembatan gantung dengan panjang 1.222 meter yang melintasi lembah Sungai Sidu dekat Yesanguan di Kabupaten Badong, Provinsi Hubei, China. Jembatan ini dirancang oleh CCSHCC Second Highway Consultant Company, Limited dan dibangun dengan biaya USD100 juta. Sidu River resmi dibuka pada 15 November 2009.

Tim Pantau
Editor
Widji Ananta
Penulis
Kontributor - NPW