Pantau Flash
Polda Metro Jaya Pastikan Tak Ada Penutupan Jalan di DKI Jakarta
Musisi Country 90-an, Joe Diffie Meninggal Dunia Akibat Korona
Pakar Geologi: Waspadai Pergerakan Patahan Selatan Pulau Sulawesi
Kementan-Kemendag Satu Suara Soal Relaksasi Bawang Putih dan Bombai
Manchester City Tawarkan Etihad Stadium Jadi Markas Tim Medis COVID-19

5 Jurusan Kuliah Terunik, Ada Ilmu Pemakaman dan Ilmu The Beatles

Headline
5 Jurusan Kuliah Terunik, Ada Ilmu Pemakaman dan Ilmu The Beatles Ilustrasi perkuliahan (Foto: Pixabay)

Pantau.com - Kamu tentunya sudah tak asing dengan jurusan-jurusan mainstream yang ada di bangku perkuliahan. Jurusan akuntansi, komunikasi, psikologi, teknik, pasti sudah familiar di benak kamu.

Orang biasanya akan memilih jurusan yang dirasa pas, agar bisa mudah melanjutkan ke jenjang selanjutnya. Pekerjaan ideal tentunya dipengaruhi oleh jurusan yang diambil saat di bangku kuliah.

Tapi, tahukah kamu ternyata di dunia ini masih banyak jurusan kuliah unik yang tidak banyak orang tahu. Bahkan, ketika mendengar namanya saja kamu dijamin bakal kaget. Apa sajakah itu?

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah Paling Santai, Ada yang Sambil Berwisata

1. Auctioneering (Ilmu Juru Lelang)

jurusan ilmu juru lelang

Ilustrasi juru lelang (Foto: Pixabay)

Harrisburg Area Community College menjadi salah satu institusi yang menyediakan jurusan auctioneering. Seperti apa yang dilakukan pelelang pada umumnya, jurusan lelang mempelajari tentang mendapatkan barang lelang, penilaian barang lelang, dan pelaksanaan lelang. Tentunya, mahasiswa akan mempelajari lebih detil lagi mengenai strategi penjualan yang benar. Prospek karir jurusan unik ini tentu saja menjadi juru lelang.


2. Mortuary Science (Ilmu Pemakaman)

jurusan ilmu pemakaman

Ilustrasi pemakaman (Foto: Pixabay)

Jurusan ini mempelajari semua tahapan pelayanan pemakaman serta segala keterampilan yang diperlukan untuk pemakaman. Setelah lulus, kamu akan menjadi pakar pemakaman, dari mulai bekerja di rumah duka, rumah sakit, atau sekolah kedokteran. Jurusan ini tersedia di University of the District of Columbia Community College.


3. Race Track Industry (Ilmu Balap Kuda)

jurusan ilmu balap kuda

Ilustrasi balap kuda (Foto: Pixabay)

Kampus yang menyediakan jurusan ini adalah University of Arizona. Di sini, mahasiswa akan mempelajari segala aspek yang berhubungan dengan balap kuda, seperti manajemen balap, regulasi, event balap, hingga pembiakan kuda. Dengan begitu, nantinya kamu bisa bekerja di bidang industri balap kuda, misalnya sebagai penyiar, event manager, jurnalis, atau fotografer.

 

4. Citrus Science (Ilmu Jeruk)

jurusan ilmu jeruk

Ilustrasi jeruk (Foto: Pixabay)

Apa yah yang bisa dipelajari dari buah bulat berwarna jingga ini? Tentu ada. Mahasiswa jurusan ini akan mendalami banyak hal terkait pertanian, seperti penanaman, pengelolaan, pemangkasan, pemupukan, pemberantasan hama, sampai pengelolaan perkebunan jeruk. Jika kamu ingin menjadi peneliti jeruk atau bisnis produk dengan bahan jeruk, tak ada salahnya mengambil jurusan ini!


5. Beatles, Popular Music, and Society (Ilmu The Beatles)

jurusan ilmu the beatles

The Beatles (Foto: Pixabay)

Di kota asal band The Beatles, Liverpool, ada jurusan kuliah ‘Beatles, Popular Music, and Society’. Program studi ini mengharapkan para mahasiswanya mengerti pentingnya musik The Beatles serta dampaknya bagi perkembangan industri musik, identitas anak muda, pola perilaku penonton dan penggemar.

Materi yang diberikan mulai dari sejarah The Beatles dan filosofi dari setiap lagu yang John, Paul, Ringo, George nyanyikan. Masuk ke jurusan ini membuka lebar peluangmu untuk menjadi seorang pengamat, kritikus musik, dan spesialis studi musik populer.


 

Tim Pantau
Editor
Gilang K. Candra Respaty
Penulis
Kontributor - TIH

Berita Terkait: